Pemerintah mempunyai tugas untuk melayani kepentingan masyarakatnya dengan sebaik-baiknya untuk tercapainya tujuan bernegara. Dalam melayani hal tersebut , pemerintah memerlukan sumber daya. Sumber daya yang diperlukan pemerintah daerah tercermin dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).  Salah satu bentuk sumber dayanya berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD). Upaya untuk meningkatkan PAD adalah dengan meningkatkan pajak daerah, retribusi daerah, dan laba perusahaan daerah.

Jika pemerintah daerah meningkatkan pajak daerah maka hal tersebut akan memberatkan masyarakatnya padahal pemerintah daerah perlu sumber daya untuk melaksanakan pelayanan. Terkait upaya peningkatan retribusi daerah, jika retribusi daerah ditingkatkan maka pemerintah daerah harus memberikan pelayanan tertentu sedangkan pelayanan tersebut memerlukan sumber daya agar bisa tercapai. Pada sisi upaya peningkatan laba perusahaan daerah, jika pemerintah daerah berupaya meningkatkan laba perusahaan daerah berarti pemerintah daerah harus membuat perusahaan terlebih dahulu. Padahal pemerintan daerah belum memiliki sumber daya untuk membuat perusahaan daerah dan membutuhkan waktu lama agar suatu perusahaan daerah bisa memberikan laba.

Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada melaksanakan “Pelatihan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Melalui Manajemen Kas” sebagai alternatif upaya untuk meningkatkan PAD secara elegan, tidak membebani masyarakat dan dapat direalisasikan dalam waktu singkat. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman tentang manajemen kas dan strategi yang harus dilaksanakan oleh pengelola keuangan daerah untuk meningkatkan sumber pendapatan, khususnya PAD.

Pelatihan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Manajemen Kas, ditujukan kepada Eksekutif pemerintah daerah yang terlibat dalam pengelolaan keuangan daerah (Bapeda/ BPKKD/DPPKAD), Pimpinan dan amggota DPRD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Pelaksana anggaran di SKPD serta semua pihak yang berkeinginan memiliki pemahaman dan kemampuan dalam manajemen kas. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi:

  1. Manajemen Kas
  2. Strategi penigkatan PAD dengan manajemen kas

Pelatihan ini akan diberikan langsung oleh:

  1. Prof. Dr. Abdul Halim, MBA., Ak (Guru Besar Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada)
  2. Prof. Dr. Slamet Sugiri, Ak (Guru Besar Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada)
  3. Irwan Tufik Ritonga, SE., M.Bus., Ak (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada)
  4. Ehrmann Suhartono, SE., M.Si., Ak (Praktisi Keuangan Daerah)

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari dan terbagi dalam empat angkatan yaitu angkatan I (10 Maret), angkatan II (17 Maret), angkatan III (24 Maret) dan angkatan IV (31 Maret).

Fasilitas yang diberikan dalam pelatihan ini adalah:

  1. Akomodasi di hotel setara bintang 3 selama pelatihan (2 malam, 1 hari);
  2. Coffee Break 2 kali, makan siang, dan makan malam;
  3. Seminar Kit;
  4. Sertifikat;

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Bagian Admisi Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM
Jl. Sosio Humaniora No.1 Bulaksumur Yogyakarta 55281
No Telp: (0274) 513109, 548516