Tentang UGM
Perpustakaan UGM
LPPM UGM
Webmail UGM
Webmail FEB
Bahasa Indonesia
Inggris
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Beranda Akademik (Program Sarjana)
Akademik

1. Indeks Prestasi (IP)

Evaluasi studi mahasiswa dilakukan pada setiap akhir semester dengan menghitung Indeks Prestasi (IP) dengan menggunakan rumus sebagai berikut : IP = Jumlah nilai kredit mata kuliah yang diambil X Nilai bobot masing-masing / Jumlah nilai kredit mata kuliah yang diambil

Untuk menghitung IP tersebut, nilai huruf diubah menjadi nilai bobot menurut ketentuan sebagai berikut:

Nilai Huruf
Nilai Bobot
A
4
A- 3,75
B+ 3,25
B 3
B- 2,75
C+ 2,25
C 2
D 1
E 0

Contoh :
Seorang mahasiswa pada satu semester mengambil 6 mata kuliah dengan hasil sebagai berikut :

MK
Nilai
Kredit
Nilai Jam
Jumlah
1
A 3 3 x 4 12
2 B- 3 3 x 2,75 8,75
3 C+ 3 3 x 2,25 6,75
4 C 3 3 x 2 6
5 D 3 3 x 1 3
6 E 3 3 x 0 0
Jumlah 36

2. Indeks Prestasi Kumulatif
Indeks Prestasi Kumulatif dihitung dengan cara yang sama dengan Indeks Prestasi Semester. Indeks Prestai Kumulatif merupakan hasil studi mahasiswa dari awal sampai dengan semester tertentu. Bila dikehendaki orang tua/wali mahasiswa dapat meminta kartu hasil studi ini dengan mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Dekan lewat Wakil Dekan Bidang Akademik.

3. Evaluasi 2 Tahun Pertama
Apabila dalam 2 x 2 semester pertama (2 tahun pertama) seorang mahasiswa mendapatkan sekurang-kurangnya 30 SKS dengan IP minimal 2.00, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak mampu mengikuti program yang sedang ditempuhnya dan dipersilahkan membuat Surat Permohonan Pengunduran Diri yang ditujukan kepada Rektor melalui Dekan.

4. Evaluasi Masa Studi
Batas waktu maksimal lama studi adalah dua kali batas waktu minimal yang ditentukan untuk jumlah nilai kredit 144-146, yaitu dua kali 3,5 tahun. Apabila dalam periode tersebut, mahasiswa tidak mampu menyelesaikan studinya, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak mampu mengikuti program yang sedang ditempuhnya dan dipersilahkan membuat Surat Permohonan Pengunduran Diri yang ditujukan kepada Rektor melalui Dekan.

 

Ketentuan Akademik

Ketentuan Tentang Perkuliahan:

1. Sistem Perkuliahan

Dalam kegiatan belajar-mengajar, Fakultas Eknomi UGM menggunakan sistem kredit. Dalam 1 tahun kalender akademik terdiri atas 2 (dua) semester reguler dan 1 (satu) semester pendek.
Semester I, bulan September sampai dengan bulan Januari, semster II, bulan Februari sampai dengan bulan Agustus. Semester Pendek dilaksanakan bulan Juli-Agustus.
Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan kuliah, praktik-praktik laboratorium, dan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan rencana studinya dan petunjuk-petunjuk dosen yang bersangkutan, dengan tertib dan teratur atas dasar ketentuan-ketentuan yang berlaku.

1.1 Registrasi Mahasiswa
Registrasi mahasiswa dilaksanakan sebelum pelaksanaan kegiatan semester yang akan berjalan. Mahasiswa tidak akan mendapatkan Kartu Mahasiswa (KTM) sebelum melaksanakan registrasi di Universitas. KTM diperlukan untuk berbagai urusan yang berhubungan dengan kegiatan akademik.

1.2 Keaktifan Registrasi
Mahasiswa yang tidak melaksankan registrasi selama 3 semester berturut-turut tanpa keterangan akan dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi UGM.

2. Kartu Rencana Studi (KRS)

2.1 Pengisian KRS/Pengajuan Mata Kuliah
Setiap awal semester (baik semsester I mupun II), disediakan waktu satu minggu bagi setiap mahasiswa aktif, untuk merencanakan dan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Pengisian KRS dilakukan di Lab. Komputer Fakultas Ekonomi UGM. (Lantai III Sayap Selatan Gedung FE UGM). Periode pengisian KRS ditetapkan oleh Fakultas dengan dasar kalender akademik Universitas. Pengisian tidak bisa diwakilkan kecuali ada alasan yang mendasar dan surat kuasa pengisian KRS yang sah.
Keterlambatan pengisian KRS dikenakan sanksi sebagai berikut :
Bagi mahasiswa yang mengisi KRS di luar minggu pengisian, terlambat 1 hari didenda :

  • 1 mata kuliah, 2 hari didenda 2 mata kuliah dan maksimum didenda 3 mata kuliah.
  • Keterlambatan pengisian KRS di atas 2 minggu tidak ditolerir.


2.2 Penyimpangan
Kelebihan SKS yang diambil
Pada prinsipnya mahasiswa dilarang mengambil mata kuliah melebihi SKS yang ditentukan. Dalam hal ini akan dilakukan pembatalan secara otomatis oleh Sub. Bagian Pendidikan kecuali mendapat izin dari Ketua Jurusan/Sekretaris Jurusan/Wakil Dekan Bidang Akademik. Pembatalan dilakukan dengan prioritas dari bawah dalam daftar mata kuliah yang direkam dalam komputer.

Perpindahan Dosen Pengajar
Pada prinsipnya mahasiswa dilarang pindah dosen pengajar selain yang telah ditentukan dalam mata kuliah yang ditawarkan, kecuali mendapat persetujuan Ketua Jurusan/Sekretaris Jurusan dan Dosen Pengajar atau hal-hal lain yang bersifat teknis di luar kehendak mahasiswa.

Dalam hal nilai masih ada yang belum masuk sehingga IP Semester belum dapat ditentukan.

Dalam hal Ketua Jurusan/Sekretaris Jurusan tidak ada di tempatsampai batas akhir waktu masa KRS.

2.3 Perubahan
Perubahan/edit KRS dilakukan sesuai dengan jadwal edit yang telah ditentukan oleh fakultas sesuai kalender akademik. Di luar jadwal tersebut harus mendapatkan ijin dari Wakil Dekan Bidang Akademik. Untuk itu, mahasiswa harus betul-betul cermat dan teliti dalam merencanakan dan mengisi Kartu Rencana Studi/pengajuan mata kuliah.

2.4 Pembatalan
Ketentuan tentang pembatalan pengambilan mata kuliah/drop mata kuliah hanya dapat dilakukan pada masa pembatalan (3 minggu sesudah akhir masa pengisian KRS).
Atas dasar alasan-alasan keterbatasan fasilitas, kesalahan-kesalahan administratif yang disebabkan karena kekeliruan mahasiswa dalam mengisi dalam mengisi Kartu Rencana Studi, dan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam dunia pendidikan, Kepala Sub. Bagian Pendidikan atas ijin Dekan Fakultas Ekonomi berhak untuk membatalkan rencana studi mahasiswa baik seluruhnya maupun sebagian.
Semua mata kuliah yang sudah diambil tidak dapat dihapus meskipun melebihi jumlah SKS maksimum dalam kurikulum. Semua mata kuliah akan muncul dalam transkrip mahasiswa dan diperhitungkan SKS maupun IPK-nya.

2.5 Pengulangan Mata Kuliah
Pada dasarnya mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai mata kuliah dengan mengulang mata kuliah. Untuk pengulangan mata kuliah yang pertama mahasiswa dimungkinkan memperoleh nilai mata kuliah maksimal A sedangkan untuk pengulangan kedua dan seterusnya nilai mata kuliah yang dapat diperoleh maksimal B.

2.6 Presensi Kuliah
Mahasiswa diwajibkan secara tertib mengisi daftar hadir kuliah yang telah tersedia, dan tidak dibenarkan tanda tangan pada daftar hadir kuliah diwakilkan oleh teman yang lain.
Kehadiran mahasiswa di kelas kurang dari 75% dalam satu semester akan mempengaruhi nilai hasil ujian semester.