Tentang UGM
Perpustakaan UGM
LPPM UGM
DA UGM
Webmail UGM
Webmail FEB
Indonesia
Inggris
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Beranda Berita Ernst & Young Beri Kuliah Perencanaan Audit dan Penilaian Risiko
Ernst & Young Beri Kuliah Perencanaan Audit dan Penilaian Risiko PDF Cetak E-mail
Diposting pada : Kamis, 20 April 2017 13:49 | Dilihat : 91 Kali

Pada Jumat (7 April) Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyelenggarakan kuliah tamu dengan narasumber dari Ernst & Young yang bertema “Perencanaan Audit dan Penilaian Risiko. Acara diselenggarakan di Auditorium Djarum Pertamina Tower dan dihadiri oleh lebih kurang 150 mahasiswa S1 Departemen Akuntansi FEB UGM. Pembicara yang diundang adalah Bapak Agung Purwanto yang merupakan audit partner di EY dan sekaligus alumni FEB UGM. Prof. Mahfud Sholihin, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FEB UGM, berkesempatan membuka acara dan memberikan pesan kepada mahasiswa yang hadir. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang bernilai dari para praktisi pada topik-topik tertentu dan diharapkan dapat memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang mata kuliah Pengauditan.

Pak Agung menjelaskan tahapan di dalam proses audit. Tahap pertama adalah perencanaan audit. Tahap ini merupakan tahap yang penting karena berhubungan dengan risiko yang akan dihadapi oleh auditor atau Kantor Akuntan Publik (KAP) dan memiliki keterkaitan langsung dengan reputasi auditor dan KAP tersebut. Beliau menjelaskan beberapa langkah pada tahap perencanaan audit seperti penerimaan klien, memahami perusahaan dan industri klien, menilai risiko bisnis klien, melakukan prosedur analisis awal, menentukan materialitas, memahami pengendalian internal klien, menilai risiko kecurangan, dan pada akhirnya membangun rencana audit dan program audit.

Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah tamu tersebut karena mereka mendapatkan banyak paparan pengalaman dari Agung sebagai prominent partner di EY. Antusiasme tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan dari mahasiswa pada sesi kuliah tamu berlangsung. Acara yang berlangsung selama tiga jam tersebut ditutup oleh moderator, Arizona Mustikarini-Dosen Departemen Akuntansi FEB UGM.

Sumber: Arizona/FEBUGM