Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM kembali menggelar dua acara internasional bersamaan, yaitu International Week (IWeek) untuk keempat kalinya dan International Summer University (ISU). IWeek merupakan program akademik jangka pendek yang dirancang bagi para profesional serta mahasiswa sarjana dan pascasarjana untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar pada ASEAN dan juga kesempatan mengasah kerjasama dalam tim yang memiliki keberagaman anggota (diversity skill).

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Paripurna, M. Hum., LLM. dalam pidato sambutannya. Acara yang berlangsung selama dua minggu mulai 24 Juli hingga 4 Agustus. Acara ini diikuti oleh 37 mahasiswa UGM, 10 mahasiswa diluar UGM dan 16 mahasiswa dari 7 negara yaitu Swedia, Prancis, Brunei, Belanda, Thailand, Jepang dan Denmark.

Mengangkat tema "ASEAN Business Environment" dalam acara ini dimaksudkan untuk mendukung agenda strategis ASEAN dalam mengambil peluang dan menjawab tantangan pasar global. Karena pada dasarnya investasi modal manusia khususnya dalam bentuk pembangunan pendidikan adalah salah satu aspek yang paling penting untuk dipersiapkan dan dipelihara dalam mendukung agenda ASEAN di posisi strategis wilayah dalam perekonomian dunia. Sehingga diharapkan sebagai bagian dari kawasan ASEAN, negara-negara anggota ASEAN dapat memberikan kontribusi yang terus menerus dan signifikan dengan kebutuhan pasar global dan perkembangan.

Saat yang bersamaan FEB UGM bekerjasama dengan Wirtschaftsuniversität Wien, Vienna (WU Vienna) menyelenggarakan International Summer University (ISU) 2017. Acara ini sebagai upaya untuk merespon perubahan terhadap globalisasi. Rangkaian summer program ini dimulai sejak 24 Juli hingga 11 Agustus yang mana seluruh kegiatannya dipusatkan di FEB UGM.

Berbeda dari tahun sebelumnya dalam program ISU tahun ini menyoroti topik seputar Global Supply Chain Management dan juga Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI). Acara yang berlangusng selama tiga minggu ini diikuti oleh 20 mahasiswa FEB dan 20 mahasiswa dari WU Vienna. Diakhir sambutannya, Dr. Eko Suwardi, berharap mahasiswa peserta IWeek dan ISU dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut.

Sumber: Meylia/FEBUGM