Dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) ke-62 dan Dies Natalis Program Magister Sains dan Doktor (MD) FEB UGM ke-37, Program MD FEB UGM menyelenggarakan Seminar dan Peluncuran Buku berjudul "Filosofi dan Metodologi Penelitian" Jumat (29/9). Acara ini digelar di Auditorium BRI gedung MD dan diikuti lebih dari 200 peserta.

Seminar dibuka oleh Eko Suwardi, M.Sc., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan sekaligus bertindak sebagai keynote speaker. Ada tiga sesi seminar yang dimoderatori langsung oleh Dr. Ertambang Nahartoyo, M.Sc. Sesi pertama seminar disampaikan oleh Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, M.B.A. yang menyampaikan tentang "Filosofi Penelitian Bidang Bisnis". Sesi kedua dibawakan oleh Prof. Dr. Catur Sugiyanto, M.A. yang menyampaikan tentang "Strategi Penelitian Semi Ethnography" dan sesi terakhir disampaikan oleh Dr. Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand. Merc., Ph.D., yang menyampaikan tentang "Kajian Literatur: Pemetaan Riset Terkini dan Identifikasi Peluang". Keempat pembicara ini sekaligus juga merupakan penulis buku "Filosofi dan Metodologi Penelitian".

Setelah sesi seminar acara dilanjutkan dengan Launching buku "Filosofi dan Metodologi Penelitian" di lobi lantai 1 Program MD FEB UGM. Buku "Filosofi dan Metodologi Penelitian" ditulis oleh dosen FEB UGM dan satu mahasiswa Doktor FEB UGM. Keempat belas penulis buku Filosofi dan Metodologi Penelitian ialah Prof. Catur Sugiyarto, M.A., Ph.D., Prof. Indra Bastian, M.B.A., CMA., Ph.D., Prof. Jogiyanto H. M., M.B.A., Ph.D., Prof. Mudrajad Kuncoro, M.Soc.Sc. Ph.D., Dr. Ertambang Nahartoyo, M.Sc., Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand. Merc., Ph.D., Sahid Susilo Nugroho, Ph.D., Syaiful Ali, M.I.S., Ph.D., Wakid Slamed Ciptono, M.B.A., Ph.D., Widya Paramita, M.Sc., dan Julianto Agung Saputro, S.E.

Dalam pembukaan peluncuran buku tersebut Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, M.BA. selaku Ketua Pelaksana menyampaikan, buku ini merupakan salah satu sumbangsih nyata UGM kepada masyarakat khususnya dalam pengembangan ilmu pendidikan.
"Buku ini kami dedikasikan untuk alumni dan masyarakat sebagai kontribusi nyata kami khususnya dalam level penelitian" jelas Prof. Dr. Jogiyanto. 

Ditambahkan Eko Suwardi, M.Sc., Ph.D. bawasanya program MD FEB UGM harus dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada masyarakat. "Sudah 37 tahun kita berdiri, kedepan semoga kita tetap bisa memberikan sumbangsih terbaik kita kepada masyarakat sehingga keberadaan program MD ini semakin bermanfaat khususnya dalam bidang pendidikan," terang Eko Suwardi, M.Sc., Ph.D.

Usai peluncuran buku acara dilanjutkan dengan parallel session oleh dosen-dosen FEB UGM. Parallel session dibagi menjadi tiga departemen yaitu Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi yang mana masing-masing diampu oleh empat dosen.

Sumber: Mey/FEB UGM