Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY mengadakan pelatihan tentang Perencanaan Program dan Kegiatan Pemerintah Daerah (Pemda) berbasis Logic Model yang akan berjalan selama tiga hari mulai tanggal 2 s/d 4 Oktober 2017 di Hotel Atrium, Mlati, Yogyakarta. Pelatihan yang merupakan angkatan pertama ini dipimpin oleh Dr. Rusdi Akbar, M. Sc, selaku Direktur Public Sector Government (PSG) FEB UGM.

Pelatihan dibuka dengan beberapa sambutan yang disampaikan oleh Dr. Rusdi Akbar, M. Sc. sebagai Ketua Pelaksana, Dr. Eko Suwardi, M. Sc. sebagai Dekan FEB UGM, dan Drs. H. Sri Purnomo, M.S.I selaku Bupati Sleman tahun 2016-2021. Pembukaan juga turut dihadiri oleh Drs. KRT Suyono Kusumo selaku Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Sleman. Selain itu, peserta pelatihan yang mengikuti acara pembukaan terdiri dari 20 orang.

Dalam sambutan pertama, Dr. Rusdi Akbar, M. Sc. menyampaikan bahwa pelatihan yang telah diinisiasi sejak lama ini membutuhkan kerja sama dengan pihak Kabupaten Sleman serta BPKP DIY sebagai contoh yang nantinya dapat diterapkan kepada kabupaten lain di Indonesia. Ucapan terimakasih disampaikan oleh Dr. Eko Suwardi, M. Sc. kepada Pemda Sleman atas dukungannya kepada UGM. Ia berharap kerja sama akan terus berlangsung untuk Indonesia yang lebih baik. Dalam sambutannya Bupati Sleman menyampaikan bahwa Kabupaten Sleman yang dianggap sudah memadai, dipilih untuk menjawab kehidupan pembangunan. Dengan demikian, perencanaan program harus dipelajari lebih mendalam. Setelah memberi kata sambutan, beliau melakukan peresmian pembukaan pelatihan yang dilanjutkan dengan doa dan foto bersama.

Selesai acara pembukaan, semua peserta mengerjakan Pre-Test dan memperoleh penjelasan Blueprint Perencanaan dan Evaluasi. Materi yang berisi Elemen Logic Model. Pelatihan hari kedua dan ketiga akan diisi dengan berbagai diskusi dan presentasi oleh tiap peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok.

Sumber: Santini/FEB UGM