Faculty of Economics and Business UGM menggelar program Training of Trainer untuk pengembangan silabus dan pengajaran pendidikan bisnis berkelanjutan. Program ini merupakan kolaborasi antara FEB UGM dan United Nations University (UNU). Dekan FEB UGM, Dr. Eko Suwardi, membuka program ToT yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 9 sampai 10 Oktober 2017. Program ini diikuti oleh 26 dosen dari berbagai Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Indonesia.

Dr. Zinaida Fadeeva, dari UNU, adalah pelatih dan fasilitator utama dalam program ini. Selama program ini dia menekankan bahwa langkah terpenting dalam mengembangkan silabus pendidikan bisnis keberlanjutan adalah pertama, memahami kompetensi yang dibutuhkan fakultas agar dimiliki oleh siswa; kedua, bagaimana proses pengajaran akan diadakan; dan ketiga, mengetahui sumber daya apa yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.

Diskusi intensif antara peserta dan Dr. Fadeeva tidak hanya sangat membantu partisipan dalam mengembangkan silabus-silabus untuk mata kuliah baru, namun juga untuk mengakomodir berbagai topik terkait bisnis berkelanjutan di dalam sejumlah kursus yang ada. Pelatihan ini telah memungkinkan para partisipan untuk mampu dalam melatih sesama rekan dosen dalam mengembangkan silabus dan metode pengajaran pendidikan bisnis berkelanjutan.

Sebagai kelanjutan dari program ini, FEB UGM dan UNU berkomitmen untuk melanjutkan kerjasama ini lebih jauh.

Source: Agritansia/FEB UGM