Tentang UGM
Perpustakaan UGM
LPPM UGM
Webmail @UGM
Webmail @FEB
Bahasa Indonesia
English
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Beranda Berita Acara bedah buku: Reformasi Akuntansi Membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi dan Workshop: Metoda Inovatif Pembelajaran Akuntansi Keuangan Pengantar
Acara bedah buku: Reformasi Akuntansi Membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi dan Workshop: Metoda Inovatif Pembelajaran Akuntansi Keuangan Pengantar
Diposting pada : Rabu, 28 Juli 2010 10:23 | Dilihat : 701 Kali

Center for Good Corporate Governance FEB UGM bekerjasama dengan Jurusan Akuntansi, dan Magister Akuntansi FEB UGM pada tanggal 22 sampai dengan 23 Juli 2010 telah sukses menyelenggarakan acara Bedah Buku mengenai "REFORMASI AKUNTANSI Membongkar Bounded Rationality  Pengembangan Akuntansi" dan Workshop yang mengupas tentang "Metoda Inovatif Pembelajaran Akuntansi Keuangan Pengantar." Bedah buku yang merupakan hasil karya Sony Warsono, MAFIS., Akt., Ph.D ini mencoba mengangkat dan mengkaji sistem pembelajaran akuntansi saat ini yang dianggap terlalu mengedepankan mekanisme debit dan kredit diperkuliahan sehingga membuat sebagian mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat awal merasa kesulitan dalam memahami esensi pokok dari pemahaman ilmu akuntansi itu sendiri. Akuntansi dinilai sebagai ilmu yang terlalu mekanis, prosedural, dan sangat mengandalkan kemampuan menghafal, sehingga banyak peneliti yang mengusulkan untuk menghilangkan pembelajaran tentang mekanisme debit dan kredit dalam perkuliahan. Oleh karena itu, beliau dalam bukunya mencoba memperkenalkan alternatif sistem pembelajaran akuntansi dengan menggunakan perspektif matematika. Dengan perspektif matematika diharapkan dapat mematahkan persepsi akademisi yang selama ini menganggap mekanisme debit dan kredit hanya sebagai hasil kesepakatan atau rule of thumbs. Melalui pembahasan buku ini, para pembaca dibawa untuk melihat seberapa efektif sistem pembelajaran akuntansi berbasis matematika dapat memberikan solusi dalam rangka meningkatkan pemahaman akademisi dan mahasiswa akan ilmu akuntansi.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Senior Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada, Prof. Ainun Na’im, M.B.A., Ph.D. dilanjutkan presentasi oleh Rimawan Pradiptya, M.Sc., Ph.D. dan Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D. yang memperkenalkan audiens terhadap Rational Choice Theory vs Bounded Rational Theory. Selain itu acara juga diisi oleh beberapa pembicara ahli antara lain Prof. Zaki Baridwan, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Slamet Sugiri, M.B.A., Prof. Jogiyanto Hartono M., M.B.A., Ph.D., dan Setiyono Miharjo, M.B.A., Ph.D. dengan moderator Supriyadi, M.Sc., Ph.D., Mahfud Sholihin, M.Acc., Ph.D. dan Lindrianasari, S.E., M.Sc.

Acara ini terdiri dari dua kegiatan. Hari pertama diisi dengan membahas dan membedah buku "REFORMASI AKUNTANSI Membongkar Bounded Rationality Pengembangan Akuntansi." Sedangkan hari kedua digunakan untuk mengupas tuntas metoda pembelajaran berbasis matematika di mata kuliah Akuntansi Keuangan, terutama Akuntansi Pengantar I. Antusiasme keingintahuan peserta acara yang didominasi oleh kalangan akademisi dan mahasiswa ini terlihat jelas pada sesi tanya jawab. Hal ini dikarenakan metoda pembelajaran akuntansi melalui perspektif matematika merupakan hal yang baru di dunia pendidikan akuntansi di Indonesia. Sony menjelaskan bahwa metoda pembelajaran akuntansi baru ini menggunakan persamaan aljabar sederhana seperti pada pendidikan dasar sehingga akan lebih memudahkan mahasiswa terutama mahasiswa tingkat awal yang cenderung mengalami fobia akuntansi untuk lebih memahami secara benar konsep akuntansi keuangan dan membantu membuat akuntansi menjadi pelajaran yang menarik untuk dipelajari.

 

Sumber: cgcg_aya