Tahun ini UGM kembali menggelar kegiatan Research Week dan History Week 2009 yang mengangkat tema “60 Tahun UGM Mensinergikan Potensi Pemberdayaan Masyarakat”. Acara yang berlangsung di Grha Sabha Pramana ini dibuka langsung oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng, Ph.D., Selasa (21/7), ditandai dengan pengguntingan pita.

Rektor UGM dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang menampilkan hasil penelitian ini diharapkan mampu memunculkan inspirasi bagi siapa saja. Hasil-hasil penelitian yang ada ke depannya dapat digunakan untuk kemanfaatan masyarakat luas dan meningkatkan kesejahteraan bangsa.

“Dari publikasi penelitian yang ada diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi semua kalangan untuk dimanfaatkan bagi kepentingan bangsa. Dengan demikian, usaha untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa tidak hanya menjadi impian semata, namun bisa menjadi sebuah kenyataan, dan perlu diketahui pameran ini tidak hanya untuk meningkatkan popularitas UGM, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia,” ujar Rektor. Lebih lanjut dikatakan, hal tersebut sesuai dengan apa yang telah diamanahkan para pendiri, untuk mengabdikan diri bagi kepentingan dan kemakmuran bangsa dalam rangka menciptakan keadaban, kemanfaatan, dan kebahagiaan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Prof. Dr. Ir. Danang Parikesit, M.Sc., mengatakan acara ini merupakan bentuk aktualisasi para civitas akademika UGM yang sekaligus ditujukan untuk menjalin berbagai program kemitraan, baik dengan sesama perguruan tinggi maupun pemerintah daerah di Indonesia.

Dituturkan Danang, kegiatan ini juga dilandasi dengan adanya keinginan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki UGM. “Sayang kan jika tradisi ilmu pengetahuan yang telah dibangun selama 60 tahun oleh UGM hanya diketahui oleh kawan-kawan kita sendiri di lingkungan UGM. Untuk itu, kami berusaha mengaktualisasikan diri tidak hanya untuk kepentingan UGM, tetapi juga bangsa dan negara,” katanya menambahkan.

Kegiatan dijadwalkan berlangsung selama satu minggu, 21-26 Juli 2009, menampilkan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan dalam satu tahun ini. Selain menampilkan hasil penelitian, juga dipamerkan hasil kegiatan usaha kecil dan menengah (UKM). Acara diisi 95 stand dari lingkungan UGM, antara lain, stand dari 18 fakultas, pusat studi, perpustakaan, Arsip Universitas, LPPM, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Administrasi Akademik, PUSPICS, dan Kagama, serta UKM.

 

Sumber: www.ugm.ac.id