Pada tahun 2010 ini, Webometrics kembali menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Posisi ini berhasil dipertahankan UGM setelah pada 2008 dan 2009 lalu juga berada di posisi teratas. “Tahun ini, UGM memang kembali meraih predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics setelah selama dua tahun berturut-turut juga menempati posisi pertama,” kata Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM, Drs. Suryo Baskoro, M.S., di kampus UGM, Kamis (11/02/2010).

Ditambahkan Suryo, untuk 100 terbaik Asia Tenggara, UGM menempati posisi ke-8, ITB ke-10, UI ke-17, dan Universitas Petra di peringkat ke-19. Disusul berikutnya, Universitas Gunadarma di posisi ke-24, Universitas Negeri Malang di papan ke-28, ITS di peringkat ke-31 dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Tahun ini, Indonesia menyumbangkan 17 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar Webometrics 100 terbaik Asia Tenggara.

Terkait dengan peringkat Webometrics yang diperoleh UGM, Suryo menjelaskan pemeringkatan Webometrics ini didasarkan atas keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi. Pengukurannya menggunakan empat indikator, yakni size, visibility, rich files, dan scholar.

Indikator pertama, size (S), yakni jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web perguruan tinggi. Kedua, visibility (V) ialah jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi yang dinilai. Ketiga, rich files (RF), yaitu relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi tersebut. Terakhir, scholar (Sc), yakni jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain perguruan tinggi. Selanjutnya, data yang telah terkumpul diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih kurang 4.000 perguruan tinggi dari seluruh dunia.

 

Sumber: www.ugm.ac.id