Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada menjalin kerjasama baru dengan Avans University, Belanda. Tawaran kerjasama berawal dari pihak Avans University, Breda, Belanda ketika beberapa perwakilan pihak universitas berkunjung ke FEB UGM pada bulan Agustus 2009. Perwakilan Avans University menyatakan ketertarikan mereka untuk menjalin kerjasama akademik. Ketertarikan mereka dikuatkan dengan posisi UGM sebagai universitas tertua dan terkemuka di Indonesia. Selain itu, FEB UGM dianggap sebagai fakultas yang memiliki sumber daya yang potensial sehingga perwakilan Avans University tidak meragukan reputasi FEB UGM.

Tindak lanjut dari kerjasama tersebut, pihak FEB UGM diwakili oleh Dr. Eko Suwardi, M.Sc. melakukan kunjungan balasan ke Avans University pada bulan Oktober 2009. Dalam kunjungan tersebut, Dr. Eko Suwardi M.Sc. dengan pihak Avans University menuangkan poin-poin kerjasama akademik antara kedua institusi untuk disahkan oleh UGM.

Nota kesepakatan (Memorandum of Understanding) yang telah disepakati kedua belah pihak kemudian ditanda tangani oleh Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng. Nota kesepakatan tersebut telah disahkan pada tanggal 24 Februari 2010 di Avans University, Breda, Belanda. Penandatangan tersebut dihadiri oleh Dekan FEB UGM, Prof. Marwan Asri, MBA., Ph.D dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama, dan Pengembangan Usaha,  Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc., Ph.D.

Poin-poin kerjasama antara FEB UGM dan Avans University Belanda meliputi program pertukaran mahasiswa, pertukaran staf pengajar , dan kolaborasi penelitian. Bertambahnya mitra kerjasama FEB UGM ini diharapkan mampu mendukung pencapaian visi dan misi FEB UGM menjadi fakultas ekonomika dan bisnis terkemuka di asia pada tahun 2013.

Selain kerjasama baru dengan Avans University, FEB UGM juga melakukan perluasan cakupan kerjasama dengan Agder University, Norwegia. Kerjasama FEB UGM dengan Agder University telah terjalin sejak tahun 1997, tetapi baru pada level universitas dan S2 (Magister Management UGM). Dekan FEB UGM, Prof. Marwan Asri, M.B.A., didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama, dan Pengembangan Usaha Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc., Ph.D. juga melakukan kunjungan ke Agder University  di Kristiansand, Norwegia dan memformalisasikan kerjasama FEB UGM dengan Agder University untuk level S1. Kunjungan tersebut menghasilkan agreement baru untuk level S1, khususnya dalam program pertukaran mahasiswa, visiting professor, dan joint research.

Sumber: kui