"…Lustrum ini mudah-mudahan menjadi momentum yang baik bagi kita semua untuk lebih merapatkan barisan, mempererat kerjasama, saling melengkapi satu sama lain untuk mencapai visi tersebut…", penggalan pidato Dekan FEB UGM, Prof. Marwan Asri, MBA, Ph.D dalam rangka Lustrum XI FEB UGM.

Acara pidato dekan dan orasi ilmiah dibuka secara resmi oleh ketua Senat FEB UGM Prof. Dr. Iswardono Sardjono Permono, M.A. Pidato dekan disampaikan sebagai pertanggungjawaban Dekan kepada stakeholders mengenai perkembangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh seluruh civitas academica FEB UGM.  Pada lustrum kali ini bertema Go Green: Taking Nature Into Account. Dalam pidatonya Prof. Marwan Asri, MBA., Ph.D menyebutkan, "Dengan mengangkat tema, Go Green: Taking Nature Into Account, kita berharap agar segenap civitas academica FEB UGM dalam setiap gerak langkahnya senantiasa memperhatikan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial. Harmonisasi kegiatan dan lingkungan sekitar harus kembali ditanamkan agar tercipta kesinambungan dalam hidup dan kehidupan ini, dan FEB UGM berharap untuk dapat menjadi salah satu pelopor dalam pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis dengan memasukkan unsur kelestarian alam di dalamnya, taking nature into account”.

Pada pidatonya, Dekan memaparkan capaian akademik antara lain: profil mahasiswa FEB UGM, trend peningkatan minat pada program-program studi, serta proses akreditasi internasional AACSB (Association to Advance Collegiate School of Business) yang masih banyak memerlukan komitmen dan usaha keras dari seluruh civitas academica FEB UGM. Di bidang administrasi disebutkan bahwa terjadi peningkatan anggaran untuk perbaikan fasilitas fisik, peningkatan kualitas proses belajar mengajar dan peningkatan kesejahteraan civitas academica FEB UGM.

Banyak capaian bidang kerjasama dipaparkan, antara lain kerjasama dengan universitas partner dalam student exchange dan double degree yang dapat berjalan 2 arah. Semester I 2010/2011 Program S1 mengirimkan 25 mahasiswa dan menerima 26 mahasiswa asing untuk mengikuti program tersebut. Kerjasama dengan institusi/ perusahaan partner juga berjalan dengan lancar, diantaranya pemberian beasiswa, kesempatan magang dan rekrutmen kerja.
Pada pidato lustrum ini, Dekan juga memaparkan mengenai tracer study yang ada pada portal alumni, media informasi fakultas: Ebiz Newsletter, layanan mahasiswa: Student Service Center (SSC). Tidak ketinggalan dalam pidatonya juga disampaikan prestasi dosen, karyawan serta mahasiswa. Di akhir pidato disampaikan mengenai penggabungan lembaga-lembaga penelitian dan pelatihan yang berada di lingkungan FEB UGM menjadi Penelitian dan Pelatihan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (P2EB), rencana renovasi lobby dan pembangunan Pertamina Tower.

Pidato Dekan, Prof. Marwan Asri, MBA. Ph.D dilanjutkan dengan orasi ilmiah berjudul "Green Marketing: penyampaian Standar Kehidupan yang Lebih Baik" oleh Prof. Dr. Basu Swastha Dharmesta, MBA. Pada orasinya disampaikan, "bahwa pemasaran hijau dapat diwujudkan melalui upaya-upaya intensif untuk mengidentifikasi dan memahami pelanggan hijau dengan menawarkan produk yang ramah lingkungan. Pelayanan yang saling menguntungkan antara pemasar hijau dan pelanggan hijau, dan bersaing secara adil tanpa mematikan pesaing dapat menjadi pendorong untuk berkinerja secara lebih baik. Keberdayaan pelanggan hijau dapat memberikan dampak positif yang luas dalam banyak aspek kehidupan masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial, politik, hukum, teknologi, budaya maupun lingkungan alam". Acara pidato dekan dan orasi ilmiah diakhiri dengan doa penutup oleh Drs. Dumairy, M.A dengan harapan untuk kejayaan FEB UGM

 

Sumber: hk

Baca selengkapnya:
Naskah pidato Prof. Marwan, MBA., Ph.D (klik disini)
Orasi Ilmiah Prof. Dr. Basu Swastha Darmmestha, MBA (klik disini)