Journal of Indonesian Economy and Business (JIEB) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM menggelar Best Paper Award 2010. Kegiatan yang telah dilakukan sejak tahun 1986 silam ini bertujuan untuk meningkatkan minat menulis, sekaligus meningkatkan kualitas artikel pada jurnal-jurnal ilmiah. Menurut Musytaqul Hasan (panitia/mahasiswa S-1 Manajemen FEB UGM) mengatakan JIEB berdiri tahun 1986 dan terus menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah. "Baru memasuki sekitar tahun 2009 lalu jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan telah mengarah pada upaya internasionalisasi sehingga banyak yang sudah menggunakan bahasa Inggris dalam tulisannya," kata Taqul di sela-sela Seminar Best Paper Award di Hotel Quality, Sabtu (16/10).

Ia menambahkan JIEB FEB UGM merupakan jurnal terakreditasi dan telah melalui proses internasionalisasi dengan dana bantuan hibah dari Ditjen Dikti Depdiknas. Dapat dikatakan JIEB merupakan leading journal di Indonesia dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Untuk Best Paper Award 2010 kali ini, imbuh Taqul, terdapat 26 artikel yang telah masuk. Sebelas artikel dinyatakan tidak layak dipublikasikan JIEB, 15 artikel layak dipublikasikan di JIEB, dan 5 artikel masuk dalam nominasi award. "Dari 5 artikel nominasi award, dipilih 3 artikel terbaik dan 2 artikel pemenang harapan," katanya.

Pemilihan best paper award telah dimulai dengan pengumpulan artikel sekitar Juli-Agustus. Setelah itu, di bulan Agustus-September dilakukan penilaian oleh dewan juri. Juri berasal khususnya dari kalangan dosen FEB UGM, antara lain Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D., Prof. Lincolin Arsyad, Ph.D., dan Prof. Catur Sugiyanto, Ph.D. Beberapa aspek yang dinilai dalam lomba meliputi, antara lain, judul, abstraksi, perumusan masalah, metode penilaian, temuan, referensi, dan sistematika penyajian. "Nantinya dari seluruh pemenang tersebut artikelnya akan dimuat dalam jurnal JIEB untuk tahun 2011 depan," imbuhnya.

Dari paper yang telah masuk, yang paling banyak berasal dari PTN, kemudian perguruan tinggi luar, departemen/institusi pemerintah, dan kemudian baru PTS. Sementara itu, untuk persentase topik artikel, terbanyak membahas seputar manajemen (46%), ilmu ekonomi (39%), dan akuntansi (15%). "Yang dari PTN 73%, PT luar 15%, pemerintah 8%, dan PTS sekitar 4%," rinci Taqul.

Lima nominasi paper yang masuk sebagai best paper award ialah juara I dengan judul "Application of Rule of Law by Jurisdiction System on Illegal Logging case in Indonesia 2002-2008" (Yudistira Hendra Permana, S.E./UGM), juara II "The Effects of Changes in Minimum Wage on Employment in The Covered and Uncovered Sectors In Indonesia" (Devanto Pratomo, Ph.D./Universitas Brawijaya), juara III "The impact of Reddi on Institutions Income: a Social Accounting Matrix Approach" (Nur Arifatul Ulya, S.Hut., M.A. Kementerian Kehutanan).

Berikutnya, harapan I "Glancing Meteor Shower over Indonesia: Volatility Spilovers From a Major Stock Market to Indonesian Stock Market and Currency" (Sekar Utami Setiastuti, S.E./UGM), dan harapan II "Pengukuran Efisiensi Sektor Publik Indonesia (Periode Desentralisasi Fiskal, 2001-2008)" (Mayanggita Kirana, S.E., dan Dr. Samsubar Saleh, M.Soc.Sc./UGM). "Para pemenang akan mendapat piagam penghargaan, publikasi di jurnal internasional JIEB, dan sejumlah uang pembinaan," pungkasnya.

 

Sumber: www.ugm.ac.id