Kompetisi Bursa SahamDalam rangka Dies Natalies UGM ke-62, UGM menyelenggarakan Pameran Produk Inovasi UGM Research Week 2011 yang direncanakan berlangsung dari tanggal 10-15 Oktober 2011 di Grha Sabha Pramana UGM. Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang dirancang untuk menjembatani pemanfaatan hasil riset dari peneliti kepada masyarakat luas. Kegiatan ini juga menjadi ajang open campus bagi fakultas dan unit-unit yang ada di lingkup UGM untuk memberikan informasi dan menjalin kerja sama, baik kepada masyarakat luas, lembaga pemerintahan, maupun swasta.

Fakutas Ekonomika dan Bisnis UGM, sebagai salah satu fakultas unggulan di UGM turut berpartisipasi dalam perhelatan ini. FEB UGM yang menempati Stand nomor F 47-48 berusaha membuka diri kepada masyarakat luas yang ingin mengetahui lebih jauh tentang fakultas ini. Masyarakat dapat bertanya langsung mengenai informasi terkini program-program studi yang ditawarkan oleh FEB UGM, baik program pelatihan, sarjana, maupun pascasarjana.

Selain open campus, Stand FEB UGM, yang didukung oleh Pusat Pelatihan dan Penelitian Ekonomika dan Bisnis (P2EB) FEB UGM, bekerja sama dengan Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan RI. Selama pameran berlangsung stand menampilkan demo Economic Executive Dashboard, yakni aplikasi khusus untuk membantu proses pengambilan kebijakan ekonomi secara tepat dan cepat oleh eksekutif pemerintahan. Aplikasi ini mampu memberikan gambaran secara visual mengenai dampak yang terjadi terhadap suatu variabel ekonomi apabila terjadi perubahan terhadap variabel ekonomi lain, misal suku bunga, inflasi, dan sebagainya.

Untuk menarik pengunjung, Stand FEB UGM menyediakan pusat informasi pasar modal. Pengunjung yang berminat untuk mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk dan transaksi pasar modal dapat bertanya dan praktik langsung. Sari Sitalaksmi, M.Mgt.,Ph.D, Deputi Perencanaan dan Keuangan  P2EB ketika diwawancarai mengatakan, “Melalui Research Week ini, FEB UGM berharap dapat memunculkan ketertarikan masyarakat terhadap isu-isu dan perkembangan ekonomi di Indonesia.” Sari juga menambahkan,” Selama kegiatan ini berlangsung, kami juga menyelenggarakan Kompetisi Simulasi Pasar Modal, kompetisi ini dapat diikuti oleh masyarakat luas dan terdapat hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang. Diharapkan masyarakat luas dapat berpartisipasi dan ikut andil untuk memeriahkan kegiatan ini.” Kompetisi pasar modal ini didukung penuh oleh Danareksa.

 

Sumber: Rahmat