fika dan icha juara 2 internatioanl paper competition 2011 di universitas indonesiaSenyum ceria tampak terkembang dari Rafiazka Milanida Hilman (Fika) dan Anisha Wirasti Cahyaningrum (Icha), keduanya adalah mahasiswi jurusan Ilmu Ekonomi (2009) FEB UGM yang berhasil mengharumkan nama almamater dalam International Paper Competition yang diselenggarakan Universitas Indonesia. Fika dan Icha berhasil meraih juara II pada kegiatan bertajuk “9th Economix” yang berlangsung pada tanggal 10-14 Oktober 2011 dengan tema ”Achieving ASEAN Economic Community: The Great Economic Vision of ASEAN.”

Kedua mahasiswi ini berhasil membawa nama UGM bersaing dengan universitas lain di tingkat ASEAN seperti National University of Singapore dan University De La Salle Phillipine yang juga berpartisipasi dalam perlombaan ini. Setelah dinyatakan lolos 20 besar, Fika dan Icha terbang ke Jakarta untuk mempresentasikan karya tulisnya dengan judul, “Does Free Trade Matter for ASEAN?” dihadapan juri. Tampil impresif, Fika dan Icha berhasil maju ke babak final yang terdiri dari 5 tim. Di babak pamungkas ini, kedua mahasiswi angkatan 2009 ini mampu meyakinkan juri untuk kemudian meraih juara II dan berhak membawa pulang trophy dan uang pembinaan sebesar 600 USD.

Fika sempat tidak percaya atas apa yang mereka capai, pasalnya ini adalah lomba karya tulis pertama yang mereka ikuti. Icha menambahkan bahwa apa yang mereka capai ini tidak terlepas dari support fakultas yang sangat besar, seperti bimbingan dan konsultasi oleh dosen hingga bantuan pendanaan untuk pendaftaran dan pemberangkatan delegasi. Mereka berharap, teman-teman lain dapat mengikuti jejak mereka dengan lebih banyak mengikuti kompetisi yang ada. Dengan kompetisi, mereka berharap dapat meningkatkan semangat belajar dan bersaing calon-calon ekonom dari kampus biru.

Tiga tim terbaik dalam kompetisi tersebut diantaranya: National University of Singapore (Singapura), Universitas Gadjah Mada (Indonesia), dan IM TELKOM (Indonesia).

 

Sumber: Rahmat/FEB