Peluang investasi tidak hanya diperuntukan untuk kalangan yang sudah kaya atau mapan dari sisi ekonomi namun bisnis keuangan ini bisa dimulai sejak mahasiswa untuk terbiasa merencanakan masa depan keuangan yang lebih baik. Dengan mengetahui cara berinvestasi yang benar dalam pasar modal. Demikian hal yang mengemuka dalam kuliah umum yang disampaikan Investor Sales Head Citi Indonesia, I Made Budhi Purnama Artha, saat menyampaikan kuliah umum 'Financial Market Outlook 2012' di auditorium MM UGM, Jumat (16/3).

Dalam pemaparannya, Budhi Purnama mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam 3-4 tahun ke depan mau tidak mau akan dipengaruhi terhadap situasi ekonomi di Eropa dan Amerika. Kendati krisis ekonomi Amerika menunjukkan tanda yang makin membaik. Sementara di Eropa justru menunjukkan kondisi sebaliknya. “Apa yang terjadi di Eropa saat ini masih akan berlangsung 2-3 tahun ke depan. Karena di krisis Eropa lebih lambat recoverynya dibanding Amerika. Sedangkan di Asia, terjadi koreksi pertumbuhan ekonomi di beberapa Negara, salah satunya Indonesia,” katanya.

Dia menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diprediksi mengalami perlambatan. Bidang konstruksi dan manufaktur masih menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi. “Pertumbuhan kita akan bergerak di level 6,3 persen dibanding tahun lalu capai 6,5 persen. Pengangguran turun dari 11 persen menjadi 6,6 persen. Yang lebih menarik, banyak usaha sektor informal yang sudah tumbuh menjadi sektor formal,” katanya.

Kondisi politik yang semakin kondusif menjadi peluang investasi yang semakin baik hingga tahun 2014. Walaupun tahun 2012 ini pemerintah akan menerapkan kebijakan yang tidak populer, seperti menaikkan harga BBM. “Namun tahun 2013 dan 2014 biasanya lebih banyak kebijakan yang arahnya membangun citra partai,”imbuhnya.

Branch manager PT. Danareksa Sekuritas Cabang Yogyakarta, Yahuda Nawa Yanukrisna, bertindak selaku moderator mengatakan kuliah umum tentang peluang pasar keuangan sangat berguna bagi mahasiswa untuk terjun menjadi investor. Salah satunya dengan cara mengetahui kondisi ekonomi dan keuangan tidak hanya ekonomi nasional namun juga situasi ekonomi global. “Kuliah financial market semacam ini sangat berguna untuk menjadi investor, agar membantu keputusan finansial dimana dana kita seharusnya untuk dinvestasikan,” ujarnya.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Penelitian Program MM UGM, Nurul indarti, mengatakan kegiatan kuliah umum semacam ini rutin dilaksanakan program MM UGM untuk menambah pengetahuan di kalangan mahasiswa. “Kali ini kita ingin mahasiswa menggali wawasan dan pengetahuan tekait financial market khusus tahun 2012 ini,” kata Nurul.

Sumber: gusti/ugm