Subdirektorat Peningkatan Pertumbuhan Kepemimpinan Berkualitas (PPKB) bersama dengan Subdirektorat Administrasi Pengembangan Kemahasiswaan (APK) Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Berkualitas dan Seleksi Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas. Menurut Kepala Seksi Sahabat Percepatan Peningkatan Mutu Pendidikan (SP2MP) PPKB UGM, Zulfa Purnamawati, S.S., M.Hum., kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan calon mahasiswa berprestasi yang akan dikirim ke tingkat nasional dan bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari universitas yang lain di seluruh Indonesia. Kegiatan telah dilaksanakan di P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta selama tiga hari, 4-6 Mei 2012. "Seleksi dilaksanakan untuk mempersiapkan calon mahasiswa berprestasi dari UGM ke tingkat nasional,"papar Zulfa, Selasa (8/5).

Menurut Zulfa, para mahasiswa berprestasi hasil seleksi fakultas yang dikirim untuk seleksi lanjutan di tingkat universitas berjumlah 31. Dari hasil seleksi yang mencakup Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), kegiatan ekstra kurikuler, karya tulis dan Bahasa Inggris dipilih 6 orang finalis untuk melanjutkan seleksi tahap akhir.

"Pada seleksi tahap akhir nantinya akan didapatkan satu nama untuk dikirim tingkat nasional sebagai mahasiswa berprestasi 2012 Universitas Gadjah Mada,"ujarnya.

Ke enam finalis mahasiswa yang akan mengikuti seleksi tahap akhir tersebut adalah Detiza Goldianto (Fakultas MIPA), Rahmi Khamsita (Fakultas Farmasi), Herwandani Putri (Fakultas Farmasi), Nurul Sri Hertanti (Fakultas Kedokteran), Gresika Bunga Sylvana (Fakultas Ekonomika dan Bisnis), dan Faelasufa (Fakultas Isipol).

Zulfa menambahkan selain proses seleksi, para mahasiswa juga mendapatkan pelatihan kepemimpinan yang difasilitasi oleh PPKB UGM. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di kelas dan di luar kelas. Di kelas para mahasiswa dibekali dengan cara penulisan dan publikasi karya ilmiah serta menyampaikan presentasi dengan Bahasa Inggris. Sedangkan aktivitas diluar kelas, para mahasiswa berprestasi melakukan serangkaian outbond untuk menjalin kerjasama dan kesuksesan.

Sumber: satria/ugm