Bertempat di Gedung Pertamina Tower Lantai 6 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Senin (1/10) berlangsung bedah buku "Koordinasi dan Interaksi Kebijakan Fiskal-Moneter: Tantangan ke Depan". Acara bedah buku menghadirkan dua pakar Perry Warjiyo, S.E., M.Sc., Ph.D (Bank Indonesia) dan Dr. Edhie Purnawan, M.A (FEB UGM) dengan Tri Widodo, M.Ec.Dev., Ph.D sebagai moderator, serta Dr. Sri Adiningsih sebagai penyunting buku.

Buku setebal 445 halaman ini merupakan kumpulan berbagai tulisan dari para penulis yang memiliki berbagai latar belakang, baik otoritas terkait ataupun mantan otoritas terkait, serta akademisi yang menggeluti dan memiliki keahlian di bidang kebijakan fiskal dan moneter. Tulisan yang disajikan dalam buku ini mencakup sejarah, perkembangan masa kini, studi empiris, masalah dan tantangan yang dihadapi serta perkembangan kedepan koordinasi kebijakan fiskal dan moneter di Indonesia. "Buku ini memuat 14 paper dari 18 penulis, delapan diantaranya dari FEB UGM dan yang menarik tiga tulisan berasal dari desertasi," ujar Dr. Sri Adiningsih, M.Sc, penyunting buku.

Menurut Sri Adiningsih, buku koordinasi dan interaksi kebijakan fiskal dan moneter sangat langka. Oleh karena itu penerbitan buku ini untuk mengisi kekosongan bahan bacaan yang mengulas koordinasi kebijakan Fiskal dan Moneter. "Penyusunan buku ini memakan waktu tiga tahun, dan selama itu pula kita mencari jurnal-jurnal dan tulisan-tulisan terkait koordinasi fiskal dan moneter," katanya.

Penerbitan buku ini menjadi sangat penting mengingat pada akhir 2011 seiring dengan dibentuknya Otoritas Jasa Keuangan akan mengubah pola pengelolaan sistem keuangan dan juga mempengaruhi koordinasi kebijakan fiskal dan moneter. Sementara itu masih banyak pihak di Indonesia yang belum memahami dengan baik koordinasi kebijakan fiskal dan moneter.

Oleh karena itu diterbitkannya buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, akademisi, peneliti ekonomi, serta pengambil kebijakan yang ingin memahami dengan lebih baik koordinasi kebijakan fiskal dan moneter serta perkembangannya di Indonesia. "Kita semua menyambut baik peluncuran buku ini, kita berharap buku ini akan menjadi komponen dan komplemen bahan mata kuliah di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM," ujar Prof. Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc., Ph.D, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama FEB UGM.

Sumber: www.ugm.ac.id