Sebanyak 16 perusahaan melakukan rekrutmen langsung lulusan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM. Beberapa perusahaan diantaranya, Toyota Astra Motor, Bank Mandiri, Artaboga, Indonesia Stock Exchange, Danareksa, Coca Cola Amatil, dan Standard Chartered.

Wakil Ketua Program Akademik dan Penelitian Magister Manajemen (MM) UGM, Nurul Indarti, mengatakan rekrutmen langsung perusahaan dalam Career Days MM UGM dilaksanakan rutin dua kali setahun. Bertujuan untuk menjembatani alumni FEB UGM dengan dunia kerja. Sekaligus memfasilitasi perusahaan yang membutuhkan SDM lulusan FEB strata 1, strata 2 dan Diploma. “Kita ingin memberikan kesempatan mereka mendapatkan peluang lebih besar mendapatkan pekerjaan,” kata Nurul saat membuka Career Days MM FEB ke-13 di Gedung MM UGM, Selasa (6/11).

Nurul mengatakan, kualitas lulusan FEB patut dipertimbangkan posisinya di dunia kerja. Proses rekrutmen langsung diharapkan mempertemukan perusahaan dengan para pencari kerja. “Tak ubahnya mak comblang, kita ingin mempertemukan demand dan supply,” ujarnya.

Ketua panitia Career Day MM FEB UGM, Nian Reviana, mengatakan kegiataan rekrutmen langsung dilaksanakan selama sembilan hari, 5-14 November. Tiap harinya, masing-masing perusahaan memiliki jadwal untuk melakukan tes psikotes dan wawancara dengan para pelamar.

Yang berbeda dari proses rekrutmen langsung sebelumnya, kata Reviana, perusahaan yang ikut andil dalam career day kali ini cukup beragam, tidak hanya dari perbankan, namun juga perusahaan bidang otomatif, manufaktur, dan consumer good. “Selama ini imej lulusan FEB itu kerjanya ke perbankan dan keuangan. Kita pun coba menghadirkan perusahaan non keuangan,” imbuhnya.

Recruitment Section Head, PT. Toyota Astra Motor, Angela Patricia, mengaku Toyota untuk pertama kalinya melakukan rekrutmen langsung di FEB UGM. Pasalnya, perusahaan tersebut sedang membutuhkan lulusan dengan kompetensi ilmu ekonomi dan bisnis. “Kebetulan kita sedang membutuhkan kandidiat calon manajer,” tuturnya.

Sumber: gusti/ugm