Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia (JEBI) kembali mengadakan Best Paper Award Seminar 2012 pada 24 November 2012 lalu di Hotel Cakra Kusuma. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi UGM, Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com. serta Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Prof. Wihana Kirana Jaya, M.Soc. S.C, Ph.D.

Editor in Chief JEBI Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D. dalam sambutannya menuturkan untuk tahun 2012 ini, tema JIEB Call for Paper adalah “Accelerating Social Economy, Entrepreneurship and Accounting Amidst Global Crisis”.

Mudrajad menjelaskan pada Best Paper Award (BPA) kali ini terkumpul sebanyak 33 artikel yang meliputi bidang akuntansi, manajemen dan ilmu ekonomi. Artikel-artikel yang masuk berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada artikel yang berasal dari luar negeri.

“Selain dari Indonesia ada pula dari Norwegia, Afrika dan Malaysia,’papar Mudrajad.

Ia menambahkan sejak tahun 2007, JIEB, jurnal terbitan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang terakreditasi ini secara rutin mengadakan Call for Paper dan Best Paper Award Seminar setiap tahunnya. Acara tersebut merupakan wadah penyaluran tulisan ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas karya tulis di Indonesia.

“Best Paper Award diperuntukkan bagi para finalis untuk mempresentasikan dan mendiskusikan karya ilmiah mereka di depan publik yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat mahasiswa, akademisi, praktisi maupun pengamat ekonomi,”katanya.

Setelah melalui proses seleksi dan review yang ketat terpilihlah lima tim finalis yang berhak untuk mempresentasikan artikel mereka di event Best Paper Award Seminar 2012. Selain itu sebanyak 12 artikel mendapat status layak muat dan sebanyak 15 artikel sisanya tidak layak muat.

Mudrajad menambahkan pada BPA 2012 juri memutuskan untuk tidak memilih juara pertama. Sementara itu untuk juara kedua terpilih Joko Mariyono yang mengangkat tema produksi beras di Indonesia dan berhak mendapatkan uang tunai sejumlah Rp2.000.000,. Juara ketiga dan keempat yaitu Lilis Nurul Husna dan Sarpono dengan topik desa-desa tertinggal di DI Yogyakarta dan berhak mendapatkan uang tunai sejumlah Rp1.500.000.

Selanjutnya, pemenang harapan I-III berturut-turut adalah M. Syafi’i Antonio dan Yulizar D. Sanrego, Suranto dan Rahmawati, Bayu Kharisma dan Samsubar Saleh yang masing-masing mendapat Rp750.000. Kelima artikel yang masuk akan mendapat prioritas untuk dimuat di JIEB edisi tahun 2013.

Sumber: satria/ugm