Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menerima puluhan mahasiswa asing untuk menempuh studi di kampus oranye ini. Acara penyambutan bagi mahasiswa asing bertajuk "Welcome cocktail" pun telah diselenggarakan pada tanggal 8 Februari 2013, bertempat di lantai 7 Gedung Pertamina Tower FEB UGM. Welcome cocktail dihadiri oleh pejabat dekanat, dosen dan pengurus jurusan, staf fakultas, Badan Eksekutif Mahasiswa, Student Ambasador dan tentunya para mahasiswa asing.

Tahun ini FEB UGM menerima sebanyak tujuh belas mahasiswa asing yang datang dari berbagai negara seperi Perancis, Jerman, dan Belanda. Mereka akan menempuh studi di FEB UGM baik dalam program student exchange dan double degree. Welcome cocktail diawali dengan penjelasan mengenai peraturan akademik dan nonakademik bagi para mahasiswa asing selama menempuh studi di kampus FEB UGM. Hal ini dipaparkan oleh Rangga Almahendra, Ph.D. Memperkenalkan mengenai aturan akademik dan nonakademik merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh mahasiswa asing untuk mampu menempuh studi dengan lancar.

Tidak sebatas penjelasan mengenai peraturan fakultas namun para mahasiswa asing juga diperkenalkan oleh kehidupan kampus dan mahasiswa di luar kelas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FEB UGM). "Mahasiswa asing mampu memberikan banyak inspirasi dan berbagi wawasan global bagi mahasiswa FEB UGM" ungkap Ketua BEM FEB UGM, Aldo Egi (Akuntansi, 2011). Welcome cocktail berjalan sangat menyenangkan. Para mahasiswa asing mulai mengenal dan dekat dengan civitas akademika UGM baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa.

Dalam pidato penyambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FEB UGM, B.M. Purwanto, Ph.D, menyatakan bahwa para mahasiswa asing diharapkan tidak menghabiskan waktu di kampus hanya untuk belajar saja. Para mahasiswa asing sangat disarankan untuk mengikuti kegiatan ekstra di luar kelas baik olahraga maupun seni seperti softball dan gamelan. Bahkan Purwanto pun mengajak para mahasiswa asing untuk ikut bertanding voli dengan para dosen setiap Minggu pagi. "Hanya pada saat pertandingan voli itu kalian dapat smashing bola ke Profesor tanpa akan dimarahi," gurau Purwanto.

Welcome cocktail juga memperkenalkan para student ambassador. Mereka adalah mahasiswa FEB UGM yang akan menjadi teman dan membantu kebutuhan para mahasiswa asing selama menjalani kehidupan di kampus. Student ambassador tersebut terpilih dari seleksi oleh Kantor Urusan Internasional FEB UGM. Melalui welcome cocktail ini diharapkan para mahasiswa asing mampu mengenal kehidupan di kampus FEB UGM dengan nyaman baik kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas.

Sumber: nia/feb