Mendung menggelayuti langit UGM tidak memudarkan semangat wisudawan untuk menghadiri acara Pelepasan Wisudawan Periode III Bulan Mei tahun akademik 2013/2014 di University Club (21/5). Acara pelepasan wisuda periode ini melepas sejumlah 96 mahasiswa FEB yang terbagi dalam tiga jurusan yaitu Akuntansi (47 orang), Ilmu Ekonomi (16 orang) dan Manajemen (33 orang).

Dengan iringan musik akustik yang apik dari Economics Session Band, para peserta wisuda didampingi orang tuanya bergiliran memasuki ruang Bulaksumur. Aura kebahagiaan terpancar dari setiap wisudawan yang telah menyandang gelar Sarjana Ekonomi. Tak lupa rekan dan kerabat mengabadikan momen bahagia ini di sela-sela hiruk pikuknya suasana di depan pintu masuk Bulaksumur.

Tepat pukul 12.00 WIB Master of Ceremony membuka acara yang diawali dengan sambutan Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. B.M. Purwanto, M.B.A. Beliau mengucapkan selamat atas lulusnya para mahasiswa dari berbagai angkatan dan mengumumkan profil wisudawan. Pada periode ini FEB meluluskan 54 orang dengan predikat cumlaude, Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi yaitu 3,96, diraih oleh Poppy Danastri Sari (Akuntansi 2008). Lulusan tercepat, 3 tahun 5 bulan, ditorehkan oleh Effendi Wijaya (Akuntansi 2009).

Dalam sambutannya, BM Purwanto berpesan kepada seluruh wisudawan untuk tidak korupsi. "Jangan menjadi koruptor. Anda sesudah lulus harus saling mengingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak senonoh. Korupsi merupakan tindakan yang tidak senonoh," ucapnya. Ia juga menghimbau kepada seluruh orang tua/wali untuk selalu memantau dan mengingatkan putra-putranya supaya tidak melakukan korupsi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari orang tua peserta wisuda yang diwakili oleh Dominikus Supratikto. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa alumni FEB tersebar di hampir seluruh elemen di masyarakat: bisnis, birokrasi dan lembaga lainnya dimana hal ini menjadi basis jejaring kerja yang baik bagi karir alumni lainnya. Sambutan terakhir disampaikan oleh mahasiswa dengan IPK tertinggi, Poppy Danastri Sari. Ia menyampaikan ikrarnya, "Mulai saat ini, kami melangkah untuk menyambut masa depan kami dengan segala daya dan upaya sehingga kami dapat mencapai apa yang kami impikan."

Berakhirnya sesi foto dari peserta wisuda yang dibagi di setiap jurusan, berakhir pula pelepasan wisuda periode Mei 2013 ini. Pukul 12.45 WIB satu persatu peserta meninggalkan ruang dengan senyum semangat menyongsong hari esok yang lebih baik. Sekali lagi kami mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan!

Sumber: Aina/FEB