Terik mentari mengiringi perjalanan wisudawan dan wisudawati beserta keluarga menuju gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjosumantri untuk menghadiri pelepasan wisudawan dan wisudawati periode Agustus 2013 (27/8). Sebanyak 91 mahasiswa FEB dilepas untuk menapaki kehidupan yang baru sebagai Sarjana Ekonomi yang siap dan handal dalam memenuhi kebutuhan global. Jurusan Ilmu Ekonomimelahirkan 22 orang sarjana, jurusan Manajemen sebanyak 40 orang dan jurusan Akuntansi sebanyak 29 orang.

Riuh ramai suasana pelepasan wisuda seketika hening ketika petikan music gitar akustik dimainkan oleh Economics Session Band. Pukul 11.50 WIB acara dibuka oleh Master Ceremony dan diikuti dengan sambutan Dekan FEB UGM. Prof. Wihana Kirana Jaya, M.Soc. Sc., Ph.D. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan yang telah mempercayakan putra putrinya untuk dididik di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. "Kami yakin bahwa Bapak dan Ibu sudah benar telah menitipkan putra-putranya di FEB UGM. FEB ini mempunyai misi menjadi yang terbaik di Asia Tenggara," tutur Dekan FEB UGM. Ia meminta doa restu dari orang tua bahwa pada bulan Maret 2014 FEB  akan menjalani proses assessment AACSB, jika FEB berhasil maka FEB akan menjadi fakultas pertama di Indonesia yang terakreditasi oleh AACSB.

Dalam sambutannya, Dekan FEB juga mengumumkan profil wisudawan wisudawati periode Agustus 2013. Pada periode ini FEB melahirkan 38 orang dengan predikat cumlaude, salah satu diantaranya memiliki Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi yaitu 3,90 yang diraih oleh Juju Melanie (jurusan Ilmu Ekonomi). FEB juga melepas wisudawan yang lulus tercepat sebanyak 2 orang dengan masa studi tercepat 3 tahun 2 bulan.
Acara dilanjutkan dengan sambutan dari orang tua peserta wisuda yang diwakili oleh Ir. Darmawan Setiaji. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu dosen serta civitas akademika yang telah meletakkan jembatan emas bagi putra-putri selama menempuh pendidikan di FEB. Ia juga berpesan kepada seluruh peserta wisuda untuk selalu menjaga integritas, bekerja keras dan berdoa. "Ayolah bermimpi besar, dengan semangat dan tekat, betul-betul bekerja keras dan berdoa. Insya Allah semua bisa dicapai," serunya. Dalam sambutan berikutnya, Juju Melanie mengingatkan rekan wisudawan yang lain bahwa apa yang dicapai saat ini bukan merupakan akhir tetapi sebuah awal kehidupan yang harus dijalani dengan lebih baik.

Berakhirnya sesi foto dari peserta wisuda yang dibagi disetiap jurusan, berakhir pula pelepasan wisuda periode Agustus 2013 ini. Pukul 12.50 WIB satu persatu peserta meninggalkan gedung dengan wajah gembira, wajah yang penuh optimisme dan wajah yang siap melangkah di setiap anak tangga menembus dunia global. Selamat atas kelulusan para wisudawan!

Sumber: Aina/FEB