"Kalian akan menjadi apa dalam 5 sampai 10 tahun lagi?." Pertanyaan yang disampaikan oleh Ie Tje Sing, CEO PT Reksa Finance, disambut oleh keheningan dari seluruh mahasiswa yang hadir dalam acara CEO Talk: Career Development Program. Bukan merupakan hal yang aneh bahwa beberapa mahasiswa, bahkan hingga mencapai akhir masa perkuliahannya, masih memiliki kebingungan akan masa depan mereka. Melihat fenomena tersebut Jurusan Manajemen FEB UGM bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) FEB UGM menggelar kembali acara bertajuk CEO Talk Career Development Program (24/10). "CEO Talk ini sudah dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya. Diharapkan melalui acara ini mahasiswa semakin dimudahkan untuk menentukan arah masa depan mereka," ungkap Sahid Susilo Nugroho, Ph.D, Ketua Jurusan Manajemen FEB UGM.

Ie Tje Sing merupakan salah satu sosok alumni FEB UGM yang sukses dalam karir perbankan dan keuangan yang ia geluti. Pada tahun 2013, IeThe Sing meraih predikat sebagai "The Best Scientific CEO se-Indonesia" dan PT Reksa Finance, perusahaan yang ia pimpin, juga tercatat sebagai salah satu "Best Company" oleh majalah Investor.

Sebelum menyampaikan kuliah umum terkait karir di bidang keuangan dan perbankan, Ie Tje Sing menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Karakteristik yang berbeda akan membutuhkan pola belajar yang berbeda pula. Untuk menjadi orang yang sukses dalam berkarir, selain memiliki hard competency, yaitu ilmu dan teori yang didapatkan selama menempuh bangku perkuliahan, mahasiswa juga harus memiliki dan mengembangkan soft competency. Self competency tersebut antara lain: kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, kepemimpinan, dan bekerjasama. Soft competency inilah yang akan membentuk sesorang menjadi seorang pemimpin yang handal.

Sukses menjalani karir di dunia keuangan dan perbankan, Ie Tje Sing menunjukkan bahwa peluang karir dalam industri ini sangatlah besar dan berpotensi. Banyak lembaga keuangan dan perbankan di Indonesia yang mampu menjadi tempat meniti karir yang baik seperti bank, perusahaan finansial, perusahaan sekuritas, dan perusahaan asuransi. Ie Tje Sing menekankan bahwa pada dasarnya bekerja dimanapun merupakan tempat yang baik dan kesuksesan karir seseorang tidak ditentukan dimana ia bekerja tetapi bagaimana kemampuannya dalam bekerja. "Untuk menjadi sesorang dengan karir yang sukses, kita harus mampu mengkolaborasikan tiga hal: pengalaman, pengetahuan, dan pola pikir. Dan ingat bahwa kita tidak akan pernah berkembang tanpa melakukan perubahan," ungkap Ie Tje Sing.

Sumber: Aina/FEB