Jumlah penerima program hibah penelitian Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) mengalami peningkatan signifikan di banding tahun sebelumnya. Pada tahun 2012 terdapat 27 penelitian yang berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari FEB. Sementara pada tahun 2013 jumlahnya penelitian yang berhasil lolos mendapatkan dana hibah meningkat menjadi 46 penelitian dan tiga penulisan kasus bisnis.

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni, Muhammad Edhie Purnawan, M.A., Ph.D., menuturkan bahwa program hibah penelitian dan penulisan kasus merupakan salah satu langkah yang ditempuh FEB untuk mendorong para dosen mengembangkan keilmuan di bidang manajemen, akuntasi , dan ilmu ekonomi. Selain itu, melalui program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penelitian dosen.

"Harapannya dari penelitian-penelitian tersebut bisa masuk jurnal internasional yang bermutu tinggi, karena FEB memang mendorong para dosennya untuk melakukan publikasi ilmiah di jurnal internasional," jelasnya, Selasa (12/11) di sela-sela kegiatan ekspose hasil penelitian di Ruang Kertanegara FEB UGM.

Edhi menyampaikan dalam program hibah penelitian ini setidaknya melibatkan 100 dosen dari jurusan manajemen, akuntansi, dan ilmu ekonomi. Selain itu juga melibatkan sekitar 20 mahasiswa dalam penelitian di tingkat fakultas ini.

Lebih lanjut dikatakan Edhie, penelitian yang dinyatakan lolos mendapatkan dana hibah kemudian disampaikan kepada masyarakat umum melalui ekspos hasil penelitian. Ekspos hasil penelitian digelar selama empat hari, 12-15 November 2013 bertempat di ruang Kertanegara FEB UGM.

"Hasilnya dipersentasikan secara terbuka sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial FEB UGM ke masyarakat. Harapannya ilmu pengetahuan yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," paparnya.

Sumber: Ika/UGM

Jadwal Presentasi: lihat disini