Menamatkan studi tepat waktu merupakan salah satu hal yang ingin dicapai oleh hampir setiap mahasiswa. Namun, dunia kerja yang nanti akan dihadapi selepas lulus rupanya begitu berbeda dengan kehidupan perkuliahan yang selama ini dijalani. Persiapan dan pengetahuan yang cukup akan kondisi perekonomian serta dunia kerja merupakan langkah awal yang dapat dilakukan.

Menurut Bryan Tilaar, Presiden Direktur dari PT. Martina Berto Tbk, kondisi perekonomian Indonesia masih akan terus tumbuh sehingga Indonesia masih menjadi tempat berkarir yang cukup baik. Salah satu faktor pendorongnya adalah terjadi peningkatan dari sisi investasi.  Selain itu, sisi konsumsi pun juga terus mengalami peningkatkan, terutama masyarakat kelas menengah. Mereka cenderung mengalami perubahan gaya hidup dengan lebih banyak mengamati masyarakat menengah-atas. Sehingga kelompok ini begitu konsumtif. Bryan memprediksi bahwa geliat usaha di Indonesia masih akan terus ada. Sehingga, para fresh graduate tidak perlu khawatir akan akses terhadap kesempatan kerja.

Bahkan, menurutnya, Indonesia memiliki karakteristik yang cukup unik. Meskipun terjadi bencana alam, seperti banjir yang melanda kawasan Jakarta beberapa waktu yang lalu, perusahaan-perusahaan yang ada akan selalu mampu menemukan cara untuk bertahan. Bahkan, menurutnya, negara lain terkadang merasa heran melihat kondisi Indonesia yang demikian.

Namun, kesempatan-kesempatan yang diprediksi akan terus tercipta tersebut, tidak serta merta menjadikan jaminan bahwa para lulusan baru dapat langsung memperoleh pekerjaan ataupun dapat bertahan dalam dunia kerja. Menurutnya, adaptasi adalah kunci yang utama. "Kalau mau sukses, harus mau beradaptasi dengan keadaan yang ada, kalau tidak mau beradaptasi, akan dimakan zaman," terangnya. Dunia kerja juga menuntut proses karena di dalamnya terdapat berbagai hal yang tidak serba ilmu pasti.

Sumber: Nadia/FEB