Kehadiran Tim Unilever ke Fakultas Ekonomika dan Busines (FEB) Universitas Gadjah Mada pada Rabu, 12 Maret 2014 yang lalu disambut antusias oleh para mahasiswa. Deretan kursi merah yang terjajar rapi di Djarum Hall Pertamina Tower lantai 6 terisi penuh oleh mahasiswa FEB UGM, bahkan tak sedikit mahasiswa yang rela duduk di tangga sela-sela kursi demi mengikuti acara ini. Acara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB ini dibuka dengan sebuah kuis yang meriuhkan suasana. Dalam kuis tersebut, para penonton diminta untuk menebak produk dari Unilever dengan slogan iklannya sebagai kata kunci. Semua pertanyaan dijawab dengan benar oleh para penonton. Produk-produk dari perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia sejak lebih dari 78 tahun ini telah familiar di Indonesia.

Pada tahun 2015 mendatang, Indonesia akan menghadapi ASEAN Economic Community (AEC). Dengan adanya AEC, persaingan dalam dunia kerja akan semakin ketat dan kompetitif. Perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia tidak lagi dapat menutup diri dari para pekerja yang berasal dari luar negeri. Para pekerja dari Indonesia mau tak mau harus dapat bersaing dengan para pekerja dari negara ASEAN lainnya jika tidak ingin lapangan kerja yang ada di Indonesia dikuasai oleh para pekerja dari negara lain. Mengusung tema Leadership in Global Workplace, Unilever menawarkan kepada para mahasiswa FEB UGM untuk bergabung dengan program Unilever Future Leaders Program (UFLP) dan Unilever Leadership Internship Program (ULIP). Program yang diperuntukkan bagi mahasiswa se-Indonesia ini dibangun untuk mempersiapkan para mahasiswa Indonesia dalam menghadapi persaingan bebas 2015.

Unilever Future Leaders Program (UFLP) merupakan program fast-track bagi mahasiswa yang ingin menempuh jenjang karir secara lebih cepat. Melalui program ini, posisi sebagai manajer dapat diduduki dalam jangka waktu kurang lebih tiga tahun. Program UFLP diperuntukkan bagi mahasiswa yang lulus pada tahun 2014 ini dan bagi kalangan profesional dengan pengalaman maksimal dua tahun. Program ini juga menyediakan kesempatan untuk rotasi secara internasional. Sementara, Unilever Leadership Internship Program (ULIP) merupakan program magang yang berlangsung selama dua bulan hingga tiga bulan. Dalam program ini, peserta akan dihadapkan pada tantangan dunia kerja secara nyata, dan akan mendapatkan pengalaman bekerja sama dengan pemimpin-pemimpin dari perusahaan dengan reputasi tinggi. Program ULIP diperuntukkan bagi minimum mahasiswa tahun ketiga. Peluang karir yang ditawarkan oleh kedua program ini adalah pada bidang marketing, customer development, supply chain, finance management, dan human resources. Pendaftaran, baik untuk UFLP maupun ULIP, dibuka mulai tanggal 1 Maret 2014 hingga 31 Maret 2014.

Sumber: Arlina/FEB

Dokumentasi video dapat dilihat di tautan berikut: Kuliah Umum Inpiring Unileader by Unilever