Tim Indonesia yang diwakili oleh Yuliana, Lay Monica Ratna Dewi, dan Tara Mahdiani Firdaus dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia baru menjadi juara pertama di ajang “Spring 2014 SolBridge Asian Thought Leaders Case Competition” yang berlangsung di SolBridge International School of Business, Korea Selatan.

Sebanyak 32 peserta dari delapan universitas di Asia dan Eropa mengikuti “Spring 2014 SolBridge Asian Thought Leaders Case Competition” yang berlangsung di SolBridge International School of Business, Daejeon, Korea Selatan dari tanggal 22-27 Maret 2014. 32 peserta tersebut terbagi dalam 10 tim yang mewakili universitas masing-masing, yaitu Universitas Gadjah Mada, Indonesia; Bangkok University, Thailand; National Taiwan Normal University, Taiwan; SiChuan University; China; The Hongkong Polytechnic University, Hong Kong; Meiji University, Japan; ESC Rennes School of Business, Perancis; dan SolBridge International School of Business, Korea Selatan.

Kompetisi bisnis kali ini mengambil tema “Asian Company Growth Strategy in a Globally Competitive Environment”. Dr. John Endicott, the Vice Chancellor of SolBridge International School of Business, mengatakan bahwa adalah sebuah kehormatan bagi SolBridge menjadi tuan rumah dalam acara ini. Menurut beliau ada tiga tujuan yang ingin dicapai dari acara ini, yaitu mengenalkan dan mendidik “The Asian Thought Leaders” di seluruh dunia, menjalin kerja sama antarsekolah bisnis di Asia dan Eropa, serta menciptakan “network” antar “The Asian Thought Leaders”.

“The Asian Thought Leaders” merupakan misi dari SolBridge International School of Business yang mana mereka ingin menciptakan lulusannya yang mempunyai“Global Perspective”, “Asian Expertise”, “Cross-Cultural Competence”, “Creative Management Foundation”, dan “Social Responsibility”. Saat ini SolBridge menjadi satu-satunya sekolah bisnis di Korea Selatan yang mempunyai jumlah mahasiswa asing lebih banyak dari mahasiswa Korea. Hampir 70% siswanya adalah siswa asing berasal dari 40 negara.

Ketiga mahasiswa ini nampak terharu setelah menerima hadiah dan juga beasiswa untuk melanjutkan belajar di program MBA SolBridge. Mereka datang ke Korea tidak pernah bermimpi menjadi pemenang. Mereka sangat senang bisa tampil di acara ini karena dapat bertemu dengan banyak mahasiswa dari banyak negara. Mereka juga berterima kasih dengan support dari beberapa mahasiswa Indonesia di SolBridge yang menunggu mereka presentasi.

Presentasi tiga anak muda ini memukau banyak hadirin dan juri dalam pertandingan ini. Beberapa hadirin memberikan pertanyaan langsung kepada mereka. Selamat kepada tim UGM, Indonesia.

Sumber: Kompasiana