Karena kompleksitasnya, dunia perbankan masih menjadi topik yang selalu hangat untuk diperbincangkan. Pada kuliah umum yang bertajuk "Introduction to General Banking" (24/04/14), Jeannette Tampi, AVP Retail Banking and Wealth Management HSBC Indonesia, menjelaskan berbagai seluk beluk perbankan, khususnya di Indonesia.

Bank sebagai salah satu institusi finansial (financial institution) merupakan suatu lembaga yang memiliki fungsi utama menghimpun sekaligus menyalurkan dana masyarakat. Lembaga keuangan bukan bank merupakan jenis institusi finansial yang lain. Perbedaan mendasar antara bank dan lembaga keuangan bukan bank adalah dari cara masing-masing untuk mengumpulkan dana. Bank mengumpulkan dana secara langsung dari masyarakat.

Selain itu, bank juga bertindak sebagai payment facilitator. "Dalam hal ini, bank bertugas untuk memfasilitasi payment mechanism (mekanisme pembayaran-red)," jelas Jeannette. Dari sisi produk, bank pada umumnya memiliki produk yang mampu menjawab kebutuhan baik dari sisi funding, maupun lending.

Hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis perbankan adalah penerapan konsep Know Your Customer (KYC). Konsep ini menuntut bank untuk melakukan transaksi secara face to face dengan konsumen. Hal ini dilakukan untuk menghindari money laundering yang mungkin dilakukan oleh nasabah dan juga sekaligus melakukan manajemen risiko. Sehingga amat penting bagi bank untuk menjalankan konsep ini untuk mengetahui profil customer-nya.

Sumber: Nadia/FEB