Universitas Gadjah Mada menerima 3.316 mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. Jumlah tersebut hampir separuh dari total kuota kursi program sarjana yang diterima di UGM, yakni mencapai 6.606 kursi. Sisanya sebanyak 30 % atau 2.033 kursi ditawarkan lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM) UGM sebesar 1.257 kursi. “Ada 3.316 mahasiswa baru yang diterima lewat SNMPTN, sekarang dalam proses seleksi dan hasil seleksi diumumkan pada 27 Mei,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D, kepada wartawan, Jumat (23/5), di ruang Fortakgama.

Kriteria penilaian mahasiswa yang diterima lewat SNMPTN ini, lanjut Iwan, UGM menggunakan 7 kriteria, yakni hasil nilai rapor, rangking sekolah, prestasi non-akademik siswa, prestasi alumni sekolah selama kuliah di UGM, rasio pendaftar dan yang diterima tahun lalu, track record sekolah, dan hasil UN. Yang terakhir ini, Iwan menegaskan nilai UN hanya menyumbang 10 hingga 15 persen tingkat kelulusan. “Sekitar 10-15 persen nilai UN sebagai faktor diterima di UGM,” ujarnya.

Buka Lima Jalur Seleksi. Ada lima jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka UGM tahun 2014 ini yakni jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU), Seleksi Ujian Tulis UGM, dan Seleksi Program Internasional. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kata Iwan, bagi siswa diterima di jalur SNMPTN tidak dianjurkan mengikuti ujian seleksi SBMPTN. “Apalagi pelaksanaan ujian SBMPTN bersamaan dengan pendaftaran registrasi SNMPTN,” ujarnya.

Pendaftaran SBMPTN telah dibuka sejak tangal 12 Mei yang berlangsung hingga sampai tanggal 6 Juni mendatang. Untuk penerimaan seleksi Mandiri UGM melalui jalur PBU, pendaftaran dimulai pada 1 April hingga 14 Mei, sedangkan untuk Seleksi Ujian Tulis UM UGM, pendaftaran dibuka pada 11 April hingga 17 Juni 2014.

Jadwal tes Ujian Tulis UM UGM rencananya akan belangsung pada 22 Juni yang dilaksanakan secara serentak di empat kota besar di Indonesia, yakni Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan. Seleksi Ujian Tulis UM UGM ini merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan oleh pihak UGM secara mandiri. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA dan MAK tahun 2012, 2013 dan 2014 untuk mengikuti seleksi yang bisa memilih 3 prodi pada prodi program Sarjana dan Diploma.

Sumber: Gusti/UGM