Bhinneka Tunggal Ika, semboyan Bangsa Indonesia yang nampaknya sesuai dengan semangat para kontingen yang bertanding pada pertandingan olah raga dies natalis ke-59 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Semangat itu nampak dari pemain yang hadir dan peserta yang turut datang memeriahkan acara, datang diantaranya jajaran dekanat, dosen, karyawan, dan mahasiswa. Pada Selasa sore (12/08), pertandingan olah raga resmi dibuka oleh Dekan FEB UGM, Prof. Wihana Kirana Jaya M.Soc.Sc, Ph.D. Pembukaan menandakan dimulainya pentas olah raga di FEB UGM.

Kompetisi tahun ini dibagi menjadi dua, pertama pertandingan antar program studi, unit dan jurusan yang beranggotakan dosen, karyawan dan mahasiswa dan kedua pertandingan Ekonomika Bisnis Olympiade (EBOL) yang merupakan kompetisi mahasiswa S1 antar jurusan. Panitia Seksi Olah Raga menyatakan bahwa kompetisi dibuat untuk menyatukan keluarga besar FEB UGM. Setiap tahun pertandingan diselenggarakan hanya antar mahasiswa saja terpisah dari dosen dan karyawan. Namun kali ini, untuk menyambut ulang tahun FEB UGM yang ke-59 diselenggarakan berbeda dengan melibatkan dosen, karyawan, dan sekaligus mahasiswa dalam satu laga pertandingan. Hal inilah yang menambah keceriaan pada pembukaan tahun ini.

Pertandingan olah raga menjadi ajang kumpul keluarga besar FEB UGM yang sangat ditunggu-tunggu dengan melibatkan dosen, karyawan dan mahasiswa Program S1, Magister Akuntansi (MAKSI) dan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), Magister Ekonomi Pembangunan (MEP), Magister Manajemen (MM), Magister Sains dan Doktor (M.Si dan Doktor), Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB). Tahun ini mempertandingkan sembilan cabang olah raga yaitu bulu tangkis, voli, tenis lapangan, tenis meja, sepak bola, basket, futsal softball, dan billiard. Pertandingan dibagi menjadi 2 periode yaitu 12-22 Agustus bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa, serta 1-16 September khusus mahasiswa saja.

Hingga saat ini panitia merasa puas atas antusias yang meriah dari dosen, karyawan, maupun mahasiswa terhadap acara olah raga ini. Mereka bahagia karena harapan mereka untuk dapat mempertemukan seluruh keluarga besar FEB UGM ditanggapi positif. Kedepannya, mereka berharap kegiatan ini dapat menjadi fasilitas untuk terus meningkatkan rasa kekeluargaan dalam atmosfer FEB UGM selain profesionalitas yang salama ini dijunjung tinggi.

Sumber: Azka/FEB