ASEAN Economic Community (AEC) 2015 merupakan isu ekonomi yang sedang hangat dibicarakan oleh berbagai negara ASEAN beberapa tahun terakhir. Berbagai negara berlomba untuk mempersiapkan diri untuk dapat bersaing dengan negara lain di kawasan Asia. Salah satunya Indonesia. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) sebagai leading business school di kawasan Asia, terutama dengan statusnya yang memegang akreditasi dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), memiliki peran dalam proses persiapan tersebut. Oleh karena itu, tahun ini untuk pertama kalinya FEB UGM menyelenggarakan acara bertaraf internasional yang mengundang baik akademisi maupun profesional dari seluruh dunia. Welcome to International Week 2014!

Hari Senin (25/08), International Week 2014 resmi dimulai. Sambutan-sambutan diberikan oleh Prof. Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc., Ph.D selaku Dekan FEB UGM dan Prof. Dr. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM. Selanjutnya pembukaan dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Prof. Dr. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Bertemakan Asian Business Environment, diharapkan acara ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih jelas mengenai Bisnis dan Perekonomian di kawasan Asia. Dengan begitu, 63 peserta dari 13 negara dapat memberikan kontribusi melalui ide dan penyebaran informasi sepulangnya ke negara mereka masing-masing.

International Week kali ini mengundang manajemen puncak perusahaan atau instansi pemerintahan, diantaranya:

  1. Darwin Silalahi menyajikan topik diskusi “The Scenario Approach to Possible Futures of Oil and Gas” pada hari Senin (25/8).
  2. Edimon Ginting, Ph.D menyajikan topik diskusi “ASEAN Regional Economy, Industrial, and Sectorial Policies” pada hari Rabu (27/8).
  3. Frederica Widyasari Dewi, S.E., MBA. menyajikan topik diskusi “ASEAN Stock Market Development” pada hari Kamis (28/8).
  4. Prof. Dr. Anwar Nasution menyajikan topik diskusi “ASEAN Economic Architectures” pada hari Jum’at (29/8).
  5. H.E. I Gusti Agung Wesaka Puja selaku Direktur Jenderal untuk ASEAN di Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Dengan menghadirkan tamu-tamu terhormat tersebut, FEB UGM melalui acara IWeek 2014 memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan interaksi dan diskusi intensif dengan sosok dari sektor profesional.

Selain tokoh dari sektor profesional, kegiatan ini juga memberikan peserta berbagai perspektif akademik. Dosen-dosen dari berbagai negara yang memiliki minat penelitian yang beragam diundang sebagai dosen tamu untuk berbagi ilmu penting yang mereka miliki kepada peserta IWeek 2014. Dosen-dosen yang berpartisipasi, antara lain:

  1. Prof. Adrian Borggreve dari Saxion University (ASEAN Economic Community: Lessons Learnt From the EU Integration)
  2. Dr. Tn. Hj. Noor Nasir Kader Ali dari University Sains Malaysia (USM)  (Entrepreneurship in ASEAN)
  3. Prof. Dr. Sofri Yahya dari USM (ASEAN Political and Geopolitical Environment)
  4. Prof. Indra Wijaya Kusuma dari FEB UGM (Accounting and ASEAN)
  5. Prof. Tri Widodo, M.Ec. Dev., Ph.D. dari FEB UGM (ASEAN Regional Economy, Industrial, and Sectoral Policies)
  6. Dr. Hooi Hooi Lean dari USM (Economic Development and Stock Market)
  7. Prof. Scott Don Villanueva Tibayan dari DLSU (The ASEAN Business and Management)
  8. Dr. Astrid Kainzbauer dari Mahidol University (Cross-Cultural Management in ASEAN)

Rangkaian International Week 2014 ini akan berlangsung selama 6 hari dan akan ditutup secara resmi pada 30 Agustus 2014.

Source: Nia/FEB