Sabtu (30/8) merupakan hari terakhir International Week 2014, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menyajikan pelatihan presentasi bagi para peserta. Pelatihan presentasi ini merupakan bagian dari acara yang berjalan selama 7 hari. Sesi hari ini bertujuan untuk melatih kepercayaan diri para peserta dalam presentasi.

Sesi pertama diisi oleh Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M., Manajer Kantor Urusan Internasional FEB UGM. Rangga menjelaskan kepada para peserta mengenai kiat-kiat presentasi yang efektif dan profesional.

Presentasi yang efektif membutuhkan kepercayaan diri. Seorang presenter yang efektif harus menggunakan pakaian yang sesuai dengan konteks presentasi, kontak yang baik dengan penonton, kepercataan diri, serta sikap yang baik selama presentasi. Para presenter juga harus mampu menanggapi setiap pertanyaan dari penonton dengan cara yang profesional.

“Jangan melakukan gerakan yang mengganggu, misalnya memainkan pulpen saat presentasi karena hal tersebut akan merusak konsentrasi penonton,” ujar Rangga.

Setelah sesi dari Rangga, panitia memberikan waktu selama 2 jam untuk persiapan tim-tim yang akan mempresentasikan materi pada sesi selanjutnya. Setelah persiapan selesai, tim-tim tersebut melakukan presentasi di hadapan para peserta lainnya dan sejumlah juri.

Tim-tim tersebut menyajikan presentasi mengenai sejumlah isu dalam bisnis internasional. Tim 9 dan 10 mempresentasikan mengenai “International Worker Mobility”, sedangkan tim 7 dan 8 membahas mengenai “Child Labor”.

Para juri mengajukan sejumlah komentar dan pertanyaan kepada tim-tim tersebut. Tujuannya adalah memberikan saran yang konstruktif serta melatih para peserta dalam menanggapi pertanyaan selama presentasi berlangsung.

Pada akhir presentasi, panitia memberikan sejumlah penghargaan kepada beberapa tim yang memiliki presentasi terbaik.

Sumber: Monic/FEB