Dalam rangka memperingati DIES NATALIS FEB-UGM yang ke-59, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM menggelar acara “Open House: Dashboard & Corner” pada hari Kamis tanggal 4 September 2014. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 115 orang yang terdiri dari perwakilan Bank Syariah Mandiri, Fakultas Bisnis UKDW, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra (UJB), Disnakertrans, PT. Pertamina, Danareksa, BNI UGM, DPPKA (Dinas Pendapatan, Pengelolan Keuangan dan Aset), Fakultas Kedokteran UGM, Bank Mandiri, Fakultas Farmasi UGM, MM UGM, MSi UGM, mahasiswa FEB UGM serta tamu dari Universiti Malaysia Pahang. Tujuan dari acara ini adalah sebagai ajang sosialisasi dan promosi dashboard dan corner di bawah naungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, kepada masyarakat umum, akademisi, praktisi, industri dan pemerintah. Harapannya akan tercipta kolaborasi dan kerjasama sehingga dapat dirumuskan strategi rencana dan tindakan rasional antara ilmu pengetahuan dan praktek dimasyarakat secara lebih luas.

Bertempat di Ruang Audiovisual Lantai 1, FEB UGM, open house ini mempromosikan 10 dashboard dan corner FEB UGM. Acara diawali dengan sambutan dari dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Prof. Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc., Ph.D. dan dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda dibukanya acara “Open House: Dashboard & Corner FEB 2014”. Dalam sambutannya, Prof. Wihana Kirana, mengharapkan bahwa dengan dikenalnya dashboard dan corner mampu untuk menjadi pusat penelitian dan pelatihan, tidak hanya bagi civitas di lingkungan FEB-UGM dan masyarakat luas serta memberikan pemahaman bagi masyarakat manfaat dan pentingnya riset untuk ilmu pengetahuan dalam kehidupan.

Acara utama Open House Dashboard & Corner FEB 2014 meliputi dua slot presentasi tiap-tiap dashboard & corner. Slot yang pertama merupakan presentasi dashboard FEB yang menampilkan presentasi dashboard dan corner Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) diwakili oleh Dr. Sumiyana, Akt., M.Si, Dashboard Makro Ekonomi (DEM) oleh Prof. Tri Widodo, S.E., M.Ec.Dev., Ph.D., Dashboard Ekonomi Kerakyatan (DEK) oleh Sudiyanti S.E., M.Sc., Dashboard for Excellence Quality and Productivity Improvement (DEQPI) oleh Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D. Bertindak sebagai MC adalah Erma Wheni Hertuti.

Dalam presentasi P2EB, Dr. Sumiyana, Akt., M.Si menyampaikan bahwa P2EB merupakan lembaga di bawah FEB UGM yang berfungsi memotori aktivitas riset dan pelatihan di FEB UGM melalui penelitian, pengembangan skill, diskusi, seminar, workshop, layanan basis data, konsultansi, advokasi, dan evaluasi.

Prof. Tri Widodo, S.E., M.Ec.Dev., Ph.D., menjelaskan bahwa Dashboard Makro Ekonomi merupakan suatu wadah untuk diskusi dan riset dalam bidang makroekonomi. Dashboard ini menyediakan database penunjang perkuliahan bagi para akademika, tak terkecuali para dosen. Luaran yang telah dihasilkan meliputi (1) Indonesian Economic Review and Outlook (IERO) yang membahas tentang perkembangan ekonomi makro dan berbagai prediktor ekonomi makro masa depan; dan (2) CEIC Database, yakni database gratis tentang data negara-negara berkembang dan emerging market yang ditujukan untuk para akademika.

Sudiyanti, S.E., M.Sc., mewakili Dashboard Ekonomi Kerakyatan (DEK) menuturkan bahwa DEK bertujuan untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan, memberikan solusi permasalahan ekonomi bangsa, mengurangi kesenjangan ekonomi, memonitor dan mengevaluasi kegiatan ekonomi rakyat lokal, melakukan pendampingan ekonomi rakyat, dan memajukan ekonomi rakyat. Fokus DEK adalah pemberdayaan local leader dan potensi daerah melalui usaha-usaha mikro yang produktif dan berkelanjutan. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi, seminar, sarasehan, FGD, advokasi, pendampingan masyarakat, pelatihan kader bangsa wirausaha, konsultansi UMKM, monitoring, dan evaluasi ekonomi kerakyatan dan pedesaan.

Rika Fatimah P.L, ST., M.Sc., Ph.D mewakili DEQPI, menjelaskan bahwa DEQPI merupakan salah satu dashboard di FEB UGM yang bertujuan untuk mengembangkan indikator-indikator yang dapat dijadikan sebagai standar acuan nasional dan menjalin kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas mitra. DEQPI menawarkan solusi dan layanan dalam bidang manajemen operasi dan kualitas, pengembangan tenaga kerja dan sumber daya manusia, pengembangan kinerja ekonomi, serta pengembangan penjualan dan sustainability. Sebagai salah satu dashboard yang termuda di FEB UGM, DEQPI telah menghasilkan beberapa produk dan layanan, di antaranya Working Women Unique (WWU) Index, Intelligent Health Service Unique (IHSU), dan pelayanan konsultansi untuk suatu perusahaan outsourcing.

Slot kedua, merupakan paparan dari 6 corner, FMU Corner oleh  I Wayan Nuka Lantara, S.E., M.Si., Ph.D., Banking Corner oleh Agus Setiawan, Dr., M.Soc., CMA., Entrepreneurship and UMKM Corner oleh Yulia Arisnani, M.B.A., Ph.D., Syariah Corner oleh Drs. Sugiarto, M.Acc., M.B.A., CMA., Investment Gallery oleh Maliki Julian Hendrawan Rakhmanto, S.E., M.B.A., dan terakhir Energy Policy Corner oleh Drs. Andreas Budi Purnomo Brodjonegoro, M.A.

I Wayan Nuka Lantara, S.E., M.Si., Ph.D. dalam presentasinya memaparkan bahwa FMU Corner mempunyai aktivitas utama penelitian, diskusi, dan pengembangan ide tentang industri keuangan bagi para akademisi dan praktisi. FMU Corner juga menghasilkan produk berupa Financial Outlook and Highlight yang menyediakan informasi market review dan prediksi untuk publik. Para akademisi FEB dapat mengakses database Bloomberg L.P. secara gratis. Ke depannya, FMU Corner berencana untuk memperbesar skala kegiatannya yang terdiri dari pelatihan, pemanfaatan akses database Bloomberg, simulasi online trading, diskusi dengan praktisi dan dosen, dan segmen baru review dengan konten yang sifatnya lebih kelokalan.

Agus Setiawan, Dr., M.Soc., CMA. menuturkan bahwa Banking Corner didirikan untuk mewadahi para akademisi dan praktisi yang antusias untuk mengenal, mempelajari, mengkaji industri perbankan dan besaran ekonomi di Indonesia. Banking Corner menghasilkan produk berupa ulasan berita perbankan terbaru dan Laporan Simulasi Perbankan Nasional. Laporan Simulasi Perbankan Nasional menyajikan gambaran umum mengenai perbankan domestik (mikroekonomi) dalam kaitannya dengan perekonomian Indonesia (makroekonomi) dalam bentuk review dan prediksi atau outlook. Ke depannya, Banking Corner berencana untuk terus menghasilkan Laporan Simulasi Perbankan Nasional, mengadakan seminar perbankan, dan menyediakan akses database perbankan nasional.

Yulia Arisnani, M.B.A., Ph.D. menyampaikan bahwa Entrepreneurship and UMKM Corner bertujuan untuk mengembangkan studi kewirausahaan UMKM yang progresif dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Entrepreneurship and UMKM Corner berupaya untuk mengintegrasikan kurikulum kewirausahaan dengan praktik nyata, mendorong semangat kewirausahaan di UGM, memberdayakan bisnis, terutama untuk UMKM. Kegiatannya meliputi seminar dan kerjasama kewirausahaan, review silabus kewirausahaan, memanfaatkan dana hibah bantuan dari Kementerian Kooperasi, mengadakan pelatihan kewirausahaan, dan laboratorium praktik kewirausahaan. Ke depannya, Entrepreneurship and UMKM Corner berencana untuk menginventarisasi berbagai soft file-nya, mengembangkan template business plan, marketing plan, dan business modeling, pelatihan kewirausahaan untuk kalangan mahasiswa FEB UGM dan Non-FEB UGM, mengadakan dan mengikuti pameran expo, lomba kewirausahaan, riset kewirausahaan, dan mengadakan diskusi serta seminar kewirausahaan.

Menurut Drs. Sugiarto, M.Acc., M.B.A., CMA latar belakang didirikannya Syariah Corner adalah tingginya perkembangan kajian ekonomi Islam di Indonesia dan dunia. Aktivitasnya antara lain publikasi Jurnal Muamalah dan Islamic Economy Outlook, riset tentang penyelenggaraan haji dan umroh, dan pelatihan perbankan syariah. Ke depannya, Syariah Corner berencana untuk membuat database keuangan syariah, membuat panduan skripsi dan tesis tentang keuangan syariah, pengembangan silabus manajemen keuangan Islam, pengembangan mata kuliah akuntansi syariah dan ekonomi Islam, serta pengembangan program studi ekonomi Islam di FEB UGM.

Pada kesempatan yang sama, Maliki Julian Hendrawan Rakhmanto, S.E., M.B.A yang menggawangi Investment Gallery menuturkan bahwa pendirian corner ini tujuannya adalah untuk menyosialisasikan dan mendorong kegiatan ilmiah pasar modal dalam rangka untuk mengembangkan pasar modal di Indonesia. Aktivitas utamanya adalah pelatihan pasar modal untuk umum, riset saham, obligasi, reksa dana, dan ekonomi, serta lomba simulasi saham. Terdapat berbagai fasilitas di Investment Gallery yang dapat digunakan untuk mempelajari dan melatih bertransaksi di pasar modal, seperti komputer dan sistem simulasi Danareksa Research Institute.

Pembicara terakhir, yaitu Drs. Andreas Budi Purnomo Brodjonegoro, M.A menjelaskan tentang Energy corner yang merupakan suatu corner bagi para akademisi dan praktisi yang berminat dalam bidang analisis tentang kebijakan energi di Indonesia.

Acara Open House ini dimoderatori oleh Sudiyanti S.E., M.Sc., dan Akhmad Akbar Susamto, S.E., M.Phil., dan dilanjutkan dengan Poster Exhibition dan tour visit.

Sumber: DEQPI