Tim mahasiswa Program Studi Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi. Tim mahasiswa yang terdiri dari Edwin Adisasmita Indriantoro, Ikhsan Brilianto, dan Puspita Dwiajeng Brilianthi meraih juara 1 Paper Competition "Ekonomi Bebas Korupsi 2015" yang diselenggarakan oleh FEB UGM. Paper mereka berjudul "Urgensi Penguatan Sistem Pengendalian Intern dalam Pemberantasan Korupsi di Yogyakarta" dan dibimbing oleh Irwan Taufik Ritonga, Ph.D. Paper competition 2015 ini merupakan ajang nasional dan diikuti tim dari berbagai Perguruan Tinggi Negri dan Swasta di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjajaran, Universitas Riau, Universitas Tanjungpura, dan Universitas Hasanuddin.

Tim akuntansi FEB UGM ini menjadi juara setelah di final yang diselenggarakan pada tanggal 7 Maret 2015 berhasil menyingkirkan 14 tim lain. Menurut Edwin, kompetisi ini dimulai dengan pengiriman abstrak oleh para peserta, dilanjutkan dengan pengiriman full paper, kemudian presentasi dan debat antarpeserta di hadapan tim juri. "Menurut panitia, ada 99 Abstrak yang dikirimkan untuk dilombakan, lalu dipilih 15 Abstrak terbaik oleh panitia kemudian peserta harus mengirim full paper untuk dipresentasikan di Yogya. Setelah presentasi dilanjutkan dengan debat" demikian lanjut Edwin.

Menanggapi kemenangan tim akuntansi ini, Ketua Jurusan Akuntansi FEB UGM, Mahfud Sholihin, Ph.D merasa bangga dan bersyukur. "Alhamdulillaah.... Mahasiswa Akuntansi UGM kembali menorehkan prestasi. Mungkin ini merupakan buah dari akreditasi AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business) untuk FEB UGM yang mengedepankan ethics mainstreaming". Dia berharap alumni FEB UGM, khususnya Jurusan Akuntansi, bisa menjadi pemimpin yang terhindar dari, dan mampu mencegah, korupsi.

Sumber: Wiwit/UGM