Sebanyak 68 Dekan Fakultas Ekonomi dari perguruan tinggi negeri di Indonesia mengikuti sidang pleno Asosiasi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Indonesia (AFEBI) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Kamis (26/3). Mereka berkumpul untuk membahas program AFEBI 2016, salah satunya upaya peningkatan  mutu pendidikan tinggi Indonesia.

Sekjen AFEBI Popy Rufaidah, Ph.D., mengatakan selain membahas perubahan AD/ART AFEBI, dalam kegiatan ini juga membahsa isu nasional yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan tinggi Indonesia. Salah satunya menyiapkan pendirian lembaga akreditasi mandiri (LAM)."Kita tengah mengupayakan pembentukan LAM untuk rumpun ilmu akuntansi,ekonomi, manajemen dan bisnis. Hal ini seperti yang telah diamanatkan dalam Permendikbud No. 87 tahun 2014 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi," katanya di sela-sela kegiatan.

Popy menyampaikan bahwa saat ini pihaknya mengandeng 13 asosiasi terkait untuk mendukung pembentukan LAM. Dari 13 asosiasi tersebut 8 diantaranya merupakan asosiasi program studi baik  sarjana, master, dan doktor, sedangkan 5 lainnya merupakan asosiasi profesi seperti ISEI, IAI, ADEBI, APPMI, dan FMI."Nanti akan ada MOU kerjasama antar anggota AFEBI dan Asosiasi," jelasnya.

Disamping menyiapkan pembentukan LAM dalam kesempatan itu juga dibahas langkah-langkah untuk meningkatkan kontribusi AFEBI dalam pembangunan di masyarakat dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa diantaranya seperti melakukan pembahasan terkait program bersama antara Fakultas Ekonomi,Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam anggota AFEBI dalam penerapan Permendikbud No.49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, khususnya pasal 17. Kemudian terkait program pengelolaan portal jurnal terakreditasi nasional yang dikelola anggota AFEBI, program bersama anggota AFEBI untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat (PPM). "Selain itu juga dibahas pengembangan organisasi dengan menggagas kolaborasi dengan Australian Bussines Dean Council dan asosiasi sejenis untuk memperkuat keanggotaan AFEBI," terangnya.

Sebelumnya, Rektor UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., menyampaikan harapannya dari sidang pleno tersebut dapat dilahirkan gagasan-gagasan dan kerja nyata yang mampu membawa perubahan signifikan bagi kemajuan bangsa.

Sumber: Ika/UGM

Lihat Video