Pada upacara Penerjunan Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada di lapangan Grha Sabha Pramana pada 01 Juli 2015, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., PhD., PIC DEQPI FEB UGM berkesempatan menjadi perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan pada upacara tersebut. Upacara pelepasan tersebut ditandai dengan pemasangan topi oleh Menteri Sosial, I bu Khofifah Indar Parawansah, kepada perwakilan mahasiswa, mahasiswa asing, dosen pembimbing lapangan, dan dosen koordinator wilayah.

Pada kesempatan yang sama, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., PhD., berkesempatan untuk bertemu dan berbincang langsung dengan Menteri Sosial Republik Indonesia, Ibu Khofifah Indar Parawansah, untuk memohon dukungan beliau agar program CiHEWS DEQPI (Civilization, Health and Environment, Wealth, and Social Business) ini dapat terlaksana dengan maksimal sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Selain itu, dalam sosialisasi program CiHEWS DEQPI tersebut, disampaikan pula bahwa DEQPI mempunyai misi dalam peningkatan kualitas dan produktivitas, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang juga termasuk di dalamnya masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). DEQPI melihat keadaan tersebut sebagai suatu kesempatan untuk diterapkannya sebuah konsep pemberdayaan masyarakat dengan program CiHEWS, yang terdiri dari Civilization (kepedulian pola pikir maju dan pendidikan), Health and Environment (kesehatan diri dan lingkungan), Wealth (kemandirian energi dan pangan), dan Social Business (pembangunan wirausaha berkonsep bisnis sosial).

Pada kesempatan sebelumnya yaitu 23 Juni 2015, program CiHEWS DEQPI juga telah disosialisasikan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Gadjah Mada. Hadir dalam diskusi tersebut Prof. Dr. Suratman, M.Sc. (Wakil Rektor Pengabdian Masyarakat), Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng. (Ketua LPPM) dan Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., PhD. (Direktur DEQPI). Program CiHEWS DEQPI ini nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu rujukan pendekatan baru untuk peningkatan kualitas program Kulah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UGM di masa yang akan dating. Studi pilot pelaksanaan program CiHEWS DEQPI ini dilaksanakan tahun 2015 di Kabupaten Kepulauan Anambas oleh Tim Inisiasi CiHEWS DEQPI, KPR 02 UGM. Diharapkan dari studi pilot tersebut diperoleh hasil yang signifikan dalam usaha DEQPI khususnya dan LPPM UGM umumnya untuk berperan dan berkontribusi aktif dalam pembangunanmasyarakat di wilayah 3T di Indonesia.

Sumber: DEQPI FEBUGM