Anita Briana Dewi, mahasiswa jurusan Manajemen FEB UGM angkatan 2011 berhasil meraih mimpinya menjadi salah satu pemenang seleksi program Mien R. Uno Foundation - Entrepreneur Development Scholarship for Youth (MRUF ENVOY) Angkatan VII. MRUF ENVOY merupakan sebuah program pengembangan bagi wirausahawan muda.

Bisnisnya bernama Trave(Lov)er (www.travelloverjogja.com), sebuah agen wisata berbasis pada keinginan konsumen. Jasa pemandu wisata yang customized, dengan konsep two-sided market, customer sekaligus supplier.

Ide bisnis ini berawal dari sebuah tugas mata kuliah perencanaan bisnis yang diampu oleh Rangga Almahendra, Ph.D. Konsultasi dan perbaikan konsep bisnis jasa wisata ini menjadikan bisnis semakin tertata, pasar semakin jelas dan semakin banyak konsumen. Hasil kerja keras Anita berbuah dengan diluncurkannya laman travellover bulan April 2015.

Mahasiswa kelahiran Ngawi ini diterima sebagai mahasiswa peraih beasiswa Bidikmisi selama 8 semester. Sebenarnya MRUF ENVOY itu mimpinya sejak semester 1, karena sebagai penerima Bidik Misi ia tidak dapat menerima beasiswa lain. Anita menunggu selama 4 tahun untuk dapat mendaftar program pengembangan ini.

Anita merupakan salah satu dari ke-38 mahasiswa yang diberikan donasi untuk pengembangan program. Ia dan keempat temannya dengan bisnis yang berbeda mendapatkan 200 juta dari Auto2000. Selain pendanaan, peserta mendapatkan training, coaching serta monitoring dari MRUF.

Sumber: Hesti/FEB