Shariah Corner bersama Shariah Economics Forum (SEF) Universitas Gadjah Mada membuka peluang bagi seluruh mahasiswa, dosen, ataupun masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam penulisan dan konferensi Journal of Islamic Economics and Business 'Muamalah' Tahun 2015 dengan keterangan sebagai berikut:

Tema: "Perekonomian dan Bisnis Islam untuk Kesejahteraan Sosial", (Inggris: Islamic Economy and Business for Social Welfare)

Pedoman penulisan:

Berikut ini adalah pedoman penulisan artikel dalam Journal of Islamic Economics and Business 'Muamalah' Tahun 2015 yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penulis.

  1. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:
    1. Abstrak/Sinopsis bagian ini memuat ringkasam opini atau riset, antara lain mengenai: masalah opini atau riset, tujuan, metode, temuan dan kontribusi hasil riset. Abstrak disajikan diawal teks dan panjangnya 100-300 kata (sebaiknya disajikan dalam bahasa inggris). Abstrak diikuti dengan sedikitnya empat kata kunci untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
    2. Pendahuluan menguraikan latar belakang (motivasi) opini atau riset, rumusan masalah opini atau riset, pernyataan tujuan, dan (jika perlu) organisasi penelitian.
    3. Kerangka Teoritis dan Pengembangan Hipotesis (jika ada) memaparkan kerangka teoritis berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengambangkan hipotesis atau proporsi riset dan model riset (jika dipandang perlu).
    4. Metode Riset memuat metode seleksi dan pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional varible,dan metode analisis data.
    5. Analisis Data menguraikan analisis data riset dan deskriptif statistik yang diperlukan.
    6. Pembahasan dan Kesimpulan berisi pembahasan mengenai temuan dan kesimpulan riset.
    7. Implikasi dan Keterbatasan menjelaskan menjelaskan implikasi temuan dan keterbatasan riset serta jika perlu saran yang dikemukakan peneliti untuk riset yang akan datang.
    8. Daftar Referensi memuat sumber-sumber yang dikutip dalam penulisan artikel.
    9. Lampiran memuat tabel, gambar, dan instrumen riset lain ynag digunakan.
  2. Artikel ditulis dengan spasi 1,5 pada kertas A4. Kutipan langsung yang panjang (lebih dari setengah baris) ditulis denganjarak baris satu dengan intended style (barisan berinden)
  3. Panjang artikel tidak lebih dari 6500 kata (dengan font Times New Roman ukuran 12) atau antara 10-15 halaman.
  4. Lebar margin atas, bawah, kanan, dan kiri satu inci.
  5. Untuk memungkinkan blind review, penulis tidak boleh mengidentifikasikan dirinya baik secara langsung maupun tidak langsung pada tulisannya.
  6. Halaman muka (cover) setidaknya menyebutkan judul artikel dan identitas penulis.
  7. Semua halaman, termasuk tabel, lampiran dan referensi harus diberi nomor halaman.
  8. Tabel/gambar sebaiknya disajikan pada halaman terpisah dari badan tulisan (umumnya di bagian akhir naskah) penulis cukup menyebutkan bagian di dalam teks, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  9. Setiap tabel atau gamabr diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isis tabel atau gambar dan sumber kutipan (bila relevan).
  10. Kutipan dalam teks sebaiknya ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma dan menyertakan nomor halaman bila perlu.
    1. Dalam teks, karya diacu dengan cara berikut : nama akhir/keluarga penulis dan tahun dalam tanda kurung. Contoh: (Chapra, 1981), untuk dua penulis (Khursid dan Manan, 1991) untuk lebih dari dua penulis (Karim et al., 1995), lebih dari dua sumber diacu bersamaan (Aziz, 1990; Muftie, 1998), dua tulisan atau lebih oleh satu penulis (Chapra, 1981;1983).
    2. Kecuali bila dapat menimbulkan kerancuan , jangan menggunakan "H", "hal", atau "halaman" sebelum nomor halaman tetapi gunakan tanda titik dua. Contoh: (Chapra, 1981:52)
    3. Apabila daftar kutipan lebih dari satu tulisan oleh pengarang yang sama dalam tahun penerbitan yang sama, maka menggunakan akhiran a, b, dan seterusnya setelah tahun pada kutipan. Contoh: (Khursid, 1991a) atau (Khursid, 1991a; manan, 1992b).
    4. Jika nama penulis disebutkan dalam teks, tidak perlu diulang dalam kutipan. Contoh: "Chapra (1981:51) mengatakan..."
    5. Kutipan ke tulisan yang merupakan karya institusional sedapat mungkin harus menggunakan singkatan sependek mungkin. Contoh: (IDB,1994)
  11. Setiap penulisan artikel harus memuat daftar referensi (hanya menjadi sumber kutipan) dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Daftar referensi disusun alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi.
    2. Gunakan inisial nama depan pengarang.
    3. Tahun terbit ditulis setelah nama pengarang.
    4. Kalau lebih dari satu karya oleh penulis yang sama urutkan secara kronologis waktu terbit. Dua karya dalam satu tahun oleh penulis yang sama dibedakan sengan huruf sesudah tanggal.
      Contoh:
      • Untuk periodikal
        Blum, T. C., Field, D.L., & Goodman, J. S. Organization-Level Determinant of Women in Management. The Academy of Management Journal, 37 (4), 467498.
      • Untuk buku
        Chapra, M. U. (1992). Islam and The Economic Challenge. Virginia: The Islamic Foundation and International Institute of Islamic Thought.
        Misri, & Rofiq. (1990). Al-Kharaj wa al-Nuzum al-Maliyyali al-Dawlah al Islamiyah (2 ed.). Jeddah: Markaz al Hasr al Ilmi King Abdul Aziz University.
      • Untuk artikel dari internet
        Bimanatya, T. E., & Rahmadi. (2012,1 29). Shariah Economics Forum. Diambil 3 13, 2012, dari Shariah Economics Forum: http://sef.feb.ugm.ac.id
  12. Makalah dikirim melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dalam format Microsoft Word. Setiap makalah yang masuk harap menyertakan biodata lengkap penulis.

Batas waktu pendaftaran dan pengiriman: 30 Oktober 2015

Batas akhir pengiriman naskah: 1 November 2015

Pengunguman naskah terpilih untuk konferensi: 5 November 2015

Konferensi: 11 November 2015

Penghargaan:

  • Hadiah Total Rp10.000.000,-
  • Naskah dipublikasi dalam Journal of Islamic Economics and Business 'Muamalah' Tahun 2015
  • Gratis untuk mengikuti Seminar Internasional "Islamic Accounting for Social Welfare", pada tanggal 12 November 2015

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi: Salim 08989080905.

Kami tunggu kontribusi anda dalam Journal of Islamic Economics and Business 'Muamalah' Tahun 2015 ini untuk perkembangan ekonomi islam yang lebih baik.