Setelah meraih akreditasi internasional AACSB di tahun 2014, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (FEB UGM) akan terus berbenah untuk meningkatkan kualitas dan kontribusi di dunia pendidikan. Untuk merealisasikan hal tersebut, FEB UGM semakin meningkatkan upaya untuk melakukan kerja sama dengan berbagai universitas ternama di seluruh dunia.

"FEB UGM sedang berkolaborasi dengan University of California, Berkeley. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas FEB UGM," papar Dekan FEB UGM, Prof. Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc., Ph.D, Rabu (21/10).

Kerja sama mencakup tiga aspek/unit, yaitu Haas School of Business, Skydeck, dan CEGA. Menurut Wihana kolaborasi dengan Haas School of Business akan ditangani oleh Office of International Affairs. Dalam program ini nantinya akan lebih spesifik ke arah executive development program, yaitu FEB UGM akan mengirimkan dosen-dosen untuk melakukan pelatihan maupun kolaborasi lainnya.

Sementara itu kolaborasi dengan Skydeck akan membantu dalam mempercepat pengembangan teknologi, ilmu pengetahuan dan startup bisnis. Skydeck membantu memberikan akses kepada penemuan-penemuan di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan dari sumber-sumber yang beragam sehingga penemuan tersebut dapat dimanfaatkan.

"FEB UGM sendiri juga sudah melakukan kerja sama dengan Fakultas Teknik yang lebih handal dalam bidang teknologi sehingga nantinya akan selaras dengan kolaborasi antara FEB UGM dengan Skydeck," imbuh Wihana.

Terakhir, kolaborasi dengan CEGA dalam bidang penelitian diharapkan nantinya akan menghasilkan penelitian-penelitian yang dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah-masalah di tengah masyarakat Indonesia.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan jaringan FEB UGM serta membantu untuk meraih visinya menjadi fakultas ekonomika dan bisnis terbaik di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Sumber: ugm.ac.id