Penghargaan International kembali diterima oleh dosen akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Singgih Wijayana, PhD. Kali ini Singgih mendapat penghargaan Quality Paper Award di dalam konferensi yang diselenggarkan oleh National Cheng Kung University (NCKU) dan Taiwan Accounting Association (TAA) yang bekerja sama dengan International Association for Accounting Education and Research (IAAER) di Tainan, Taiwan 2-4 December 2015. Konferensi ini merupakan sebuah forum akademik bergensi di wilayah Asia Timur, dimana Japan Accounting Association (JAA) dan Korea Accounting Association (KAA) selalu saling mendukung untuk melaksanakan konferensi internasional di wilayah tersebut.

Konferensi ini dihadiri oleh pembicara dari berbagai negara termasuk Amerika, Australia, Jepang, Romania, Singapura, Austria, Brasil, Malaysia, Korea, Polandia, dan China. Singgih mendapatkan kesempatan mempresentasikan tiga karya ilmiah di ajang tersebut. Turut hadir dalam konferensi tersebut bapak Dr. Didi Achjari, kolega di Departemen Akuntansi UGM yang juga mempresentasikan salah satu artikel yang dituli bersama Singgih.

Artikel yang memperoleh Quality Paper Award berjudul “Efficient or Opportunistic: Firm Efficiency and Earnings Quality of Cross-Listed Firms”. Artikel tersebut merupakan hasil dari penelitian cukup panjang (sejak 2012) tentang kaitan antara efisiensi perusahaan dengan kualitas informasi keuangan perusahaam multinasional. Di dalam paper ini, Singgih mengkaitkan perilaku efisiensi dan oportunisma manajer perusahaan multinasional dengan kualitas informasi keuangan. Penghargaan ini menambah koleksi penghargaan internasional yang dia terima setelah Juli 2015 menerima Financial Accounting Best Paper Award dalam forum "the Southern African Accounting Association (SAAA) 2015 Biennial Conference" East London, South Africa.

Saat ini Singgih sedang melaksanakan program Scheme for Academic Mobility and Exchange dari DIKTI di the University of Sidney, Australia sampai dengan January 2016. Singgih, yang juga merupakan anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan, Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI),  dan Deloitte Scholar sangat bersyukur atas penghargaan ini. "Saya sangat bersyukur atas penghargaan ini dan semoga apa yang saya peroleh ini bisa mengangkat nama Indonesia, khususnya Departemen Akuntansi FEB UGM." Atas raihan koleganya tersebut, Ketua Departemen Akuntansi FEB UGM, Mahfud Sholihin, Ph.D turut bangga dan mengatakan "Saya bangga atas penghargaan yang diraih Singgih dan penghargaan tersebut merupakan salah satu bukti atas kualitas penelitian dosen-dosen Akuntansi FEB UGM".

Sumber: Dep.Akuntansi