Setelah selesai kuliah, mahasiswa dihadapkan dengan pilihan untuk melanjutkan studi S2, bekerja, ataupun berwirausaha. Semua pilihan tersebut tentunya memiliki risiko dan manfaat masing-masing. Tujuannya sama, yaitu meraih kesuksesan baik finansial maupun non-finansial.

Bagi mahasiswa yang masih menempuh studi persiapan untuk dapat sukses di pilihan-pilihan tersebut masih penuh dengan tanda tanya. Berangkat dari hal tersebut, FEB UGM dan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Gadjah Mada (KAFEGAMA) ’89 menggelar "Sharing Session: Success in Study and Career". Bertempat di Gedung MM UGM, pada Jumat (19/2) para Alumni yang telah menjabat di posisi strategis berbagai perusahaan di seantero Indonesia menyempatkan hadir untuk berbagi tips sukses.

Alumni yang hadir dan berbagi kisah sukses kepada mahasiswa adalah Ms. Salomi Adriana (Head of HR Development at Indonesia Eximbank), Mr. Pramono Hardjanto (Vice President Audit at PT PGN), Mr. Agung Purwanto (Partner at Ernst & Young), Ms. Irine Wiguno (Head of BSM, Global Market at HSBC Bank), Mr. Joko Santoso (Chief Operating Officer at PT Margautama Nusantara), Ms. Suzana Chandra (Owner & Managing Director of PT Lestari, PT Udiyani Lestari Living (Amaris Hotel Bali Teuku Umar), and PT Adhi Karya Perkasa; Executive Vice President of PT Lestari Capital (BPR Lestari), dan Mr. Prabowo (Owner & Managing Director Maysa Tamansari Residence and PDR Financial Planner).

"Saya senang sekali bisa kembali ke keluarga FEB UGM" ujar Salomi yang sedang bertugas di Medan dan menyempatkan hadir di acara ini. Begitu pula alumni lainnya, mereka sangat bangga mampu berbakti kepada kampus yang telah membesarkannya. Alumni yang hadir memberikan informasi dan kunci sukses dalam proses seleksi di berbagai perusahaan, khususnya pada saat tahap wawancara. Selain itu, juga digambarkan secara jelas jenjang karir dari perusahaan bank, kantor akuntan publik, properti, hingga wirausaha.

"Kami sangat senang sekali kedatangan beliau-beliau ini, karena nantinya yang akan menyeleksi 'adik-adik' ini adalah ya Bapak-Ibu yang ada di depan ini", jelas Wakil dekan bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kolaborasi, dan alumni Dr. Muhamad Edhie Purnawan. Beliua juga menambahkan bahwa FEB UGM sedang menjalin komunikasi yang solid dengan alumni-alumni FEB UGM yang sukses berkarir di berbagai bidang perusahaan maupun non-perusahaan.

Antusiasme mahasiswa untuk mengikuti acara ini sangat tinggi. Mahasiswa yang datang dalam acara ini sebagian besar berasal dari Jurusan Akuntansi dan beberapa mahasiswa Manajemen dan Ilmu Ekonomi. Memang, penggagas dari acara ini adalah Departemen Akuntansi dan sebenarnya dikhususkan kepada mahasiswa tingkat akhir yang sedang menulis skripsi dan akan segera lulus. Acara ini dimoderatori langsung oleh Ketua Departemen Akuntansi Dr. Mahfud Sholihin.

Sumber: Ikhsan/FEB