Kompetisi Online Trading dan Penulisan Paper Keuangan merupakan kolaborasi Financial Market Update BNI46 Corner (FMU Corner) bersama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dengan dukungan Bursa Efek Indonesia, Ide Kreasindo Utama, dan Danareksa Sekuritas untuk meningkatkan minat dan kompetensi mahasiswa dalam melakukan transaksi pada pasar keuangan dan untuk meningkatkan minat serta kompetensi mahasiswa dalam bidang keuangan.

Kompetisi ini diadakan untuk lingkup Program Sarjana (S1) Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

  • Kompetisi Online Trading
    Online Trading Competition
    akan dilaksanakan selama 10 minggu, diharapkan peserta melakukan analisis dalam melakukan transaksi dengan analisis-analisis yang dipelajari di kelas maupun secara mandiri. Harapannya kompetisi ini sekaligus menjadi wadah bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada untuk belajar praktik dengan mengkombinasikan hal-hal yang dipelajari baik dikelas maupun secara mandiri dalam transaksi simulasi yang sifatnya real-time. Setelah melakukan perdagangan dalam kurun waktu 10 minggu maka peringkat 10 besar diwajibkan untuk membuat paper dan nantinya dipresentasikan pada beauty contest. Beragamnya teknik dan jenis analisis yang digunakan akan membuat keputusan yang diambil akan semakin akurat.
    Mekanisme ketentuan untuk mengikuti lomba adalah semua akun yang teregistrasi pada web http://simulasi.feb.ugm.ac.id dan sudah aktif. Periode pendaftaran adalah selama kompetisi berlangsung dengan ketentuan minimal melakukan perdagangan satu bulan (30 hari) sebelum penutupan periode perdagangan.
  • Kompetisi Penulisan Paper Keuangan
    Kompetisi ini mengajak peserta untuk mendiskusikan segala aspek dalam bidang keuangan yang dapat dipilih sesuai dengan ketertarikan, seperti teori keuangan, pasar keuangan, maupun literasi keuangan. Peserta diminta untuk membuat makalah berupa karya tulis ilmiah ataupun kajian popular dengan tema dalam 3 cakupan yang telah disebutkan yang dikaitkan dengan isu-isu keuangan terkini. Ragam tema penulisan dapat dikaitkan dengan analisis pada kasus-kasus bisnis atau penelitian empiris sederhana. Segala ide dan pemikiran akan sebuah gagasan baru yang didasarkan pada metode empiris dapat dituangkan dalam karya tulis.

Periode Perlombaan:

  • 22 Februari – 1 April 2016: Periode Pengumpulan Abstrak Paper (untuk Kompetisi Penulisan Paper Keuangan)
  • 22 Februari – 29 April 2016: Periode perdagangan saham (untuk Kompetisi Online Trading)
  • 11-13 Mei 2016:
    a) Pengumpulan makalah/paper Final Kompetisi Penulisan Paper Keuangan,
    b) Pengumpulan makalah/paper untuk presentasi Beauty Contest (unjuk strategi pergadangan) Perdagangan saham. Peserta juga menyertakan PowerPoint yang akan dibawakan saat presentasi
  • 21 Mei 2016: Presentasi
  • t.b.a: Pengumuman pemenang

Ketentuan peserta:
Peserta dapat terdiri dari perseorangan atau sebuah tim maksimal dua mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Panduan Penulisan:

  • Kompetisi Online Trading
    Paper ditulis menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Konten paper harus terdiri maksimal 15 halaman diluar sampul, daftar isi, daftar pustaka dan lampiran. Paper diketik menggunakan Microsoft Word dengan format kertas A4, spasi 1,5, huruf Arial dengan ukuran 11.
  • Kompetisi Penulisan Paper Keuangan
    Abstrak dan paper ditulis menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Abstrak terdiri dari 100-150 kata dengan penggunaan akronim, singkatan, atau referensi seminimal mungkin. Konten paper harus terdiri dari 15-25 halaman (termasuk didalamnya tabel dan referensi), diketik menggunakan Microsoft Word dengan format kertas A4, spasi 1,5, huruf Arial dengan ukuran 11.

Abstrak maupun paper dikumpulkan melalui email dengan subjek: <Nama> <NIM> dan melakukan konfirmasi melalui akun Line@fmufebugm.

Informasi selengkapnya dapat menghunugi: FMU Corner, Gedung Pertamina Tower Lantai 4, Ruang P 4.3. Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Line: @fmufebugm Telepon: 0274-548510 ext. 370

Unduh Poster