Sabtu (19/03/2016), Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) mengadakan tes ACCA (the Association of Chartered Certified Accountants) pertama untuk 12 peserta. Tes yang dimulai pada pukul 13.30 WIB ini berakhir dua jam kemudian di Laboratorium Komputer B, di lantai tiga sayap selatan gedung FEB UGM.

Sejak pukul 13.00 WIB para peserta sudah terlihat mulai berdatangan dan menunggu di lobby yang diikuti dengan pengisian presensi menginjak lima menit sebelum tes berlangsung. Tes yang dibuka oleh Rijadh Djatu Winardi, S.E., Ak., M.Sc., CFE., selaku penanggung jawab, berlangsung dengan tenang dan tertib. Peserta yang telah dibekali dengan panduan teknis dan simulasi sebelumnya juga terlihat antusias dan serius dalam mengerjaan soal-soal yang tersedia secara online di sistem ACCA. Di akhir tes, peserta dapat menerima langsung hasilnya setelah melakukan perintah cetak di sistem ACCA.

Tes ini merupakan hasil kerjasama jangka panjang Departemen Akuntansi FEB UGM dengan ACCA dalam rangka menfasilitasi masyarakat dengan berbagai pilihan sertifikasi yang dapat digunakan untuk karir di bidang keuangan dan bisnis. Rijadh Winardi mengatakan "ini adalah awalan penting bagi tes-tes ke depan yang akan rutin kami agendakan". Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa evaluasi dari tes ini akan sangat bermanfaat bagi peningkatan pelayanan FEB UGM bagi tes berikutnya. Bagaimanapun, dia menyampaikan "kami pikir, pelaksanaan tes ini berjalan dengan baik dan kualitas pelayanannya akan terus kami perbaiki".

Peserta-peserta yang datang dari kampus besar di Yogyakarta ini mengatakan bahwa tes ini bisa dibilang tidak sulit. Salah seorang peserta misalnya, mengatakan "yang dibutuhkan adalah latihan yang lebih intensif lagi, pertanyaan-pertanyaan yang diujikan tidak terlalu sulit namun membutuhkan kecakapan dan penegelolaan waktu yang baik karena hanya berlangsung selama 120 menit". Di samping itu, dia juga menyampaikan, pemahaman akan IFRS mutlak dibutuhkan bagi tes yang diambilnya. Ditanyai terkait alasan mengikuti tes ini, sebagian peserta mengatakan bahwa keberadaan ACCA sebagai lembaga sertifikasi yang telah dikenal dan diakui secara global merupakan alasan utama mengapa para peserta tertarik untuk mengikuti tes ini.

Sumber: Zaki/FEB