Innalilahi wa innailaihi roji'un.

Pada hari ini, Sabtu, 23 Juli 2016, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (FEB UGM) sangat berduka.

FEB UGM kehilangan salah satu Guru Besar terbaiknya, yaitu Prof. Dr. Gudono, MBA. Beliau dosen FEB UGM pada Departemen Akuntansi. Informasi meninggalnya almarhum Prof. Dr. Gudono diterima Dekanat FEB UGM sekitar shubuh tadi pagi.

Selanjutnya Dekanat melakukan pengecekan ke berbagai sumber, dan confirmed bahwa Prof. Gudono meninggal dunia Jumat, 22 Juli 2016, pukul 23.55 WIB di Apartemen kediaman almarhum di daerah Kelapa Gading, Jakarta. Pada saat pengecekan tersebut Almarhum sedang dibawa ambulans dari Apartemen tempat tinggal Alm menuju ke RSCM, Jakarta untuk divisum.

Prof. Gudono, seorang muslim, lahir di Semarang, 26 Mei 1963. Beliau meninggalkan isteri dan 4 (empat) orang anak. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (dulu Fakultas Ekonomi) UGM dan melanjutkan pendidikan Master di Murray State University di Kentucky, Amerika. Pendidikan Doktoral diperoleh di Temple University, Pensylvania, Amerika, dan Guru Besar dari UGM pada 1 Desember 2011.

Berbagai penghargaan pernah diraih Almarhum semasa hidupnya, diantaranya Satya Lancana Karya Satya XX dari Presiden RI pada tahun 2013 dan Satya Lencana Kesetiaan 25 tahun dari UGM pada 2013.

Berbagai jabatan pernah diemban oleh Almarhum semasa hidupnya, antara lain sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Pengembangan SDM UGM pada 2002-2004, Pejabat Struktural Eselon IIIA di BPK RI pada 2006-2010, Ketua Pengelola Program Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UGM pada 2013-2015, dan terakhir beliau menjabat sebagai Ketua Program Sarjana Akuntansi FEB UGM pada 2016 hingga wafatnya.

InsyaAllah, jenazah akan diterbangkan dari Jakarta dengan penerbangan pukul 14.15, GA 209 (Jika terdapat kendala teknis maka akan ditunda dengan penerbangan berikutnya GA 211 pukul 16.15). Setiba di Yogyakarta, akan disemayamkan di Balairung UGM. Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke rumah duka Pandega Padma C-20, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Jenazah akan dimakamkan hari ini, Sabtu 23 Juli 2016, sekitar pukul 19.00 di pemakaman Ngablak, Purwosari, Sleman, Yogyakarta, bersebelahan dengan makam ibunda almarhum (tidak jauh dari Ring Road, Jl Kaliurang).

Semoga Almarhum husnul khotimah, diterima semua amal ibadahnya, mendapat tempat terbaik di sisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Amiin.

Selamat jalan, Pak Gudono. Kami semua mendoakan kepulanganmu menghadap Allah SWT.

Sumber: DEKANAT