Tim mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2014 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang beranggotakan Achmad Faizal Azmi, Aprillia Indah Paramita, dan Gadis Wulan Novembrily berhasil meraih penghargaan "1st Winner: Accounting Paper Competition Diponegoro Accounting's Harmony (APC DASH) yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro, pada 11 September 2016.

Accounting Paper Competition merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Diponegoro Accounting's Harmony (DASH 2016), yang diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang. Acara ini merupakan acara tingkat Nasional yang mengundang seluruh Mahasiswa/i di seluruh Indonesia. Tema APC 2016 adalah AEC for Indonesian Accountant :  is it a Glory Era ? Dengan subtema (1) Is Indonesia ready for the AEC? (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan (2) Is vision 'Glory era of Accounting' really match the reality?. Terdapat enam tim dari tiga universitas yang berhasil masuk ke babak Final dan melakukan presentasi. 6 tim tersebut terdiri dari 1 Tim Universitas Gadjah Mada, 3 Tim Universitas Indonesia dan 2 Tim Universitas Negeri Semarang.

Paper yang diajukan oleh Tim UGM berjudul, Logic Model : Evaluasi Peranan IAI dalam Meningkatkan Kualitas Akuntan Indonesia untuk Menghadapi MEA. Tujuan paper ini adalah untuk mengidentifikasi strategi-strategi IAI dalam mempersiapkan akuntan Indoensia agar siap menghadapi MEA dan mengevaluasi strategi-strategi IAI dalam menyiapkan akuntan Indonesia untuk menghadapi MEA dengan menggunakan program Logic Model.

Achmad menjelaskan bahwa pendekatan analisis logic model digunakan sebab dengan pendekatan ini strategi-strategi dapat dipetakan secara jelas dengan tujuan yang akan dicapai.

"Kami bersyukur bisa menjadi juara 1 dalam lomba ini, semoga ini bisa menginspirasi teman-teman yang lain untuk dapat meraih prestasi", jelasnya.

Sumber: Dep Akuntansi