Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (KAFEGAMA) mengadakan silaturahmi di UC UGM, Jumat (28/10) malam. Hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Perhubungan Indonesia, Ir. Budi Karya Sumadi, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., Dekan FEB UGM, Dr. Eko Suwardi, M.Sc., Komisaris Utama PT. Telkom Indonesia Tbk., Dr. Hendri Saparini, Wakil Ketua BPK RI sekaligus Ketua Umum KAFEGAMA yakni Drs. Sapto Amal Damandari, Ak., C.P.A., C.A, dan anggota Kafegama lainnya. Acara silaturahmi tersebut sekaligus menjadi acara peluncuran buku yang diciptakan oleh tim Kafegama dengam judul "Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan, Memenangkan Masyarakat Ekonomi ASEAN."

Ekonomi kerakyatan menjadi  salah satu gagasan inti dari buku yang diliuncurkan oleh Kafegama tersebut. Hal tersebut menjadi landasan KAFEGAMA bahwa usaha-usaha untuk membangkitkan ekonomi Indonesia harus terus dilakukan tanpa melupakan pendekatan ekonomi dari jiwa ekonomi kerakyatan. Setidaknya, ada 10 sektor yang ditawarkan KAFEGAMA dalam buku tersebut. Beberapa sektor diantaranya yaitu optimalsisasi pemanfaatan sumber daya alam, sektor dari sumber daya manusia di bidang ekonomi kreatif dan ekonomi pariwisata, serta sumber daya budaya.

"Kami berharap beberapa sektor yang kami bahas dalam buku ini dapat menjadi usulan dari kita dan perlu didiskusikan agar ide-ide tersebut dapat diimplementasikan," ujar Dr. Hendri Saparini selaku salah satu tim penulis buku.

Selain peluncuran buku, dalam acara tersebut Ketua Umum Kafegama juga memperkenalkan pengurus organisasi dari KAFEGAMA dan beberapa program KAFEGAMA. Sekretaris Umum Kafegama, Dr. Anggito Abimanyu, M.Sc., memaparkan beberapa program KAFEGAMA tersebut. KAFEGAMA memiliki banyak program diantaranya yakni penjaringan data alumni melalui website, melakukan Crowd-Funding alumni KAFEGAMA, dan mempersiapkan pemimpin ekonomi dan bisnis mulai dari lulusan baru hingga pemimpin puncak di birokrasi, pemerintahan dan bisnis.

Anggito menegaskan bahwa dana yang terkumpul dari para anggota dan alumni tidak digunakan untuk keperluan KAFEGAMA, melainkan seluruhnya dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa FEB UGM.  Beberapa kegiatan yang mendapatkan dukungan langsung dari KAFEGAMA yang sudah terlaksana diantaranya Seminar Dies FEB-UGM, Kegiatan Mahasiswa FEB "Musik Kreatif", dan Pelatihan Soft Skill Mahasiswa FEB UGM.

Hal itu mendapat respons postif dari Dekan FEB UGM, yang menyampaikan ucapan terima kasih karena Kafegama telah menjadi jembatan atas beberapa kegiatan mahasiswa dan membantu memajukan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan silaturahmi dan peluncuran buku oleh KAFEGAMA. "Selain berkontribusi di kegiatan ilmiah, KAFEGAMA juga merekatkan hubungan dengan kampus sekaligus merekatkan kita dengan dunia usaha sehingga Indonesia makin jaya," kata Budi Karya.

Sumber: ugm.ac.id