Cetak
Kategori: Prestasi
Dilihat: 25736
Wikan Deloitte

Wikan Karis Basutama (Mahasiswa S1 Departemen Akuntansi Angkatan 2013) mengikuti serangkaian acara yang diadakan oleh Deloitte Southeast Asia Network yang bernama "SEA Tax Challenge 2017". Acara ini merupakan lomba case pajak yang berskala regional. Lomba ini mengundang perwakilan dari berbagai negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand, dan diadakan di Deloitte University Asia Pacific (DUAP), Pulau Sentosa, Singapura.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori kelompok dan individu. Selain itu, kompetisi ini merupakan lanjutan dari lomba tax challenge yang telah diadakan oleh Deloitte di masing-masing negara. Perwakilan yang dikirim untuk mengikuti SEA Tax Challenge merupakan peserta yang sudah terpilih dari masing-masing negara. Wikan mewakili Indonesia di kategori individu, dan dihadapkan dengan tiga peserta yang tangguh dari tiga negara lain. Peserta-peserta yang hadir pada perlombaan ini berasal dari beberapa universitas ternama di Asia Tenggara, yaitu: Universitas Gadjah Mada (Indonesia), Trisakti School of Management (Indonesia), Singapore Management University (Singapura), Thammasat University (Thailand), Universiti Tunku Abdul Rahman (Malaysia), dan Swinburne University of Technology (Malaysia).

Hari pertama diisi dengan pelatihan untuk kemampuan teknis di bidang pajak dan juga kemampuan presentasi, yang diberikan oleh Deloitte Singapura dan Gala Dinner pada malam harinya. Perlombaan dimulai pada hari kedua. Peserta kategori individu diberikan case dengan dua pertanyaan, dan diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan. Output dari pengerjaan tersebut adalah esai singkat dan tayangan presentasi. Selanjutnya diberikan waktu 20 menit untuk mempresentasikan hasil pengerjaannya didepan tiga orang juri, dan diikuti oleh sesi tanya jawab. Juri-juri pada acara ini merupakan beberapa partner dan leader dari Deloitte SEA. Penilaian presentasi berdasarkan pada isi, visual, penyampaian, dan juga kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh juri.

Pemenang lomba SEA Tax Challenge diumumkan pada hari yang sama di Ballroom DUAP, lokasi yang sama di mana presentasi dilakukan. Pengumuman dilakukan oleh civitas DUAP dan pemberian penghargaan dilakukan oleh ketiga juri secara bergantian. Penyerahan penghargaan tersebut juga dihadiri oleh Deloitte Southeast Asian Regional Leader. Wikan mengucapkan terimakasih kepada keluarga, dan juga teman-teman, serta seluruh civitas akademik FEB UGM yang telah memberikan dukungannya sehingga berhasil meraih Juara 1.

Sumber: Wikan/FEBUGM