Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang beranggotakan Achmad Faizal Azmi (IUP Akuntansi 2014), Gadis Wulan Novembrily (Akuntansi 2014), dan Muthia Ulfa M (Akuntansi 2014) berhasil memperoleh penghargaan the Best Delegate pada Konferensi Mahasiswa Akuntansi (KMA) yang diadakan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 13-15 Maret 2017.

Konferensi Mahasiswa Akuntansi (KMA) UAJY 2017 merupakan salah satu rangkaian acara tahunan dari Accounting Week yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HMPSA) UAJY. Selain KMA, terhadap acara lain seperti Atma Jaya Supreme Accounting Competition (ASAC) dan Seminar Accounting Day. Tema yang diangkat oleh KMA di tahun 2017 ialah Accountants’ Perspective Towards Tax Amnesty: Let’s Criticize! dimana mahasiswa diharapkan responsif dan secara proaktif mengkritik ataupun menanggapi kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.

Untuk dapat berpartisipasi dalam Konferensi Mahasiswa Akuntansi ini, para tim harus mengumpulkan paper dengan tema yang telah disediakan oleh panitia. Hanya 12 paper terpilih yang mampu melaju ke babak konferensi. Paper yang diajukan oleh Tim FEB UGM ialah "Program Logic Model: Percepatan Pertumbuhan Sektor Riil Melalui Pemanfaatan Dana Amnesti Pajak". Dengan paper ini, Tim FEB UGM berhasil meraih skor tertinggi di antara 36 tim pendaftar lainnya.

Pada hari konferensi, 12 tim diminta untuk memaparkan hasil diskusi dari kasus yang telah diberikan panitia pada hari technical meeting. Menurut Achmad, kasus yang mereka harus selesaikan ialah mengenai solusi meningkatkan partisipasi masyarakat melalui amnesti pajak dan bagaimana cara meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam jangka panjang. Peserta diberikan waktu lima menit untuk memukau juri dan diberikan waktu untuk aktif menanggapi presentasi tim lain. Di segmen dua, peserta mengikuti mini talkshow di mana peserta di akhir acara diwajibkan menanggapi isi dari talkshow dan memaparkan kesimpulan yang didapatkan dari talkshow tersebut.

Sumber: Muthia/FEB