Tim dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), yang terdiri dari Gabriel Pierre (Ilmu Ekonomi 2015), Anak Agung Indira (Manajemen 2014), dan Legahati Sekar Putri (Manajemen 2014) telah berhasil memenangkan Juara 2 pada GLOWMENTION Business Case Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Soegijapranata pada tanggal 15 Mei 2017- 18 Mei 2017.

GLOWMENTION merupakan lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Universitas Katolik Soegijapranata yang telah memasuki tahun ketiga. Tahun ini, GLOWMENTION mengusung tagline “Creating Sustainable Business for Better Environment”. Sekitar 128 tim mengajukan proposal solusi dari permasalahan yang dialami oleh Mebel Internasional (MI) sebagai sponsor dari case GLOWMENTION 2017. MI merupakan perusahaan yang pada awalnya mulai memproduksi furnitur untuk dijual ke pengecer di Amerika Serikat dan pengecer besar di Inggris. Perusahaan ini mengalami pertumbuhan yang pesat pada tahun 2007. Saat ini, MI didukung oleh rumah tukang kayu yang terampil, pemahat tangan, seniman dan staf berbakat lainnya yang membuat furnitur untuk pelanggan di seluruh dunia. Namun MI memiliki permasalahan dalam meminimalisir biaya yang mereka keluarkan dan dalam memenuhi semua order dengan tepat waktu. Tim dari universitas di seluruh Indonesia berlomba untuk membuat solusi yang paling efektif dari permasalahan yang dialami oleh MI.

Empat belas tim kemudian terpilih untuk bergabung dalam babak semifinal dan mengikuti presentasi, hotpoint, dan debat di kampus Universitas Kristen Soegijapranata, Semarang. Tiap tim yang berjumlah 3 orang, diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi selama 15 menit dan tanya jawab selama 10 menit oleh para juri yang merupakan akademisi, praktisi dan perwakilan dari MI. Setelah sesi presentasi, para peserta lomba GLOWMENTION memasuki tahap penilaian selanjutnya yaitu hotpoint. Hotpoint merupakan cerdas cermat dengan materi pertanyaan diberikan oleh manajemen MI. Panitia membacakan soal, kemudian peserta menjawab dengan menuliskan jawabannya di papan tulis, lalu diangkat secara bersamaan. Tim yang salah menjawab dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke babak hotpoint selanjutnya. Rangkaian lomba berikutnya yaitu debat. Peserta diberikan 5 mosi untuk berdebat. Mosi dan pasangan oposisi diundi pada saat sebelum pelaksanaan lomba debat dimulai.

Seluruh komponen penilaian dihitung untuk menentukan juara dan tim dari FEB UGM berhasil meraih Juara 2 dalam lomba GLOWMENTION 2017.

Sumber: Dirra/FEBUGM